Ini Tempat yang Aman Simpan Barang Berharga di Mobil

Kompas.com - 11/02/2022, 19:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Maraknya pencurian dan tindak kejahatan terhadap pengendara mobil saat ini membuat pengemudi harus lebih berhati-hati selama perjalanan. Ada berbagai hal yang harus dipersiapkan untuk meminimalisir terjadinya kerugian.

Menyimpan barang berharga di mobil memang tidak disarankan, namun bila keadaan memaksa maka pengemudi harus memperhatikan dengan baik tempat menyimpannya.

Meletakkan barang berharga di tempat yang mudah dilihat dari luar kabin mobil bisa memancing terjadi tindak kejahatan.

Salah satu tindakan preventif yang bisa dilakukan untuk mengurangi potensi terjadinya kejahatan adalah melengkapi kaca mobil dengan kaca film.

Dengan kaca yang lebih gelap, keadaan di dalam kabin tidak mudah dilihat dari luar mobil.

Baca juga: Terjadi Lagi Pencurian Modus Pecah Kaca Mobil, Begini Cara Antisipasinya

Founder Jakarta Defensive Driving Center (JDDC) Jusri Pulubuhu menjelaskan, barang berharga sebisa mungkin diletakkan di tempat yang tidak terlihat.

"Tempatkan di tempat yang tidak terlihat. Di trunk atau di bagasi," jelasnya pada Kompas.com belum lama ini.

Ia menekankan, yang terpenting adalah barang-barang tersebut harus disimpan di tempat yang tidak mudah terlihat dari luar mobil, agar tidak memancing perhatian.

Ilustrasi mengemudi.SHUTTERSTOCK Ilustrasi mengemudi.

Baca juga: Belum Banyak yang Tahu, Dampak Buruk Pakai Ban Motor Bentuk Donat

"Kalau kita mobilnya tidak punya bagasi, letakkan di bawah jok atau yang tidak terlihat," jelas Jusri.

Pengemudi tetap perlu melakukan antisipasi agar barang berharga yang disimpan di mobil atau dibawa selama perjalanan tidak menarik perhatian orang lain. Selain menyimpan barang di tempat aman, pengemudi juga harus memperhatikan waktu dan rute perjalanan saat itu.

"Pilih rute-rute perjalanan yang diketahui dan tidak terlaporkan sebagai spot-spot kriminal. Lalu, pilih waktu perjalanan," tutupnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.