Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mulai Akhir Pekan Ini, 5 Ruas Tol di Bandung Ditutup Sementara

Kompas.com - 11/02/2022, 18:12 WIB
Ruly Kurniawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Bandung berencana menutup lima gerbang tol selama akhir pekan ini dalam upaya menekan penyebaran pandemi Covid-19 di periode PPKM Level 3.

Berdasarkan keterangan tertulis, kelima gerbang tol tersebut diantaranya ialah Gerbang Tol Pasteur, Kopo, Pasir Koja, Moh. Toha serta Buah Batu. Penutupan akan disesuaikan dengan kondisi penyebaran Covid-19.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyatakan, sekama penutupan ini sepenuhnya diserahkan kepada institusi Kepolisian Daerah Jawa Barat.

Baca juga: Honda Harap Omicron Tak Ganggu Penjualan Motor Awal Tahun

Situasi arus lalu lintas di kawasan bundaran tugu lampu Gentur Pos TMC Cianjur, Jawa Barat, saat pemberlakuan sistem ganjil genap jalur Puncak, Jumat (3/9/2021) petang.KOMPAS.COM/FIRMAN TAUFIQURRAHMAN Situasi arus lalu lintas di kawasan bundaran tugu lampu Gentur Pos TMC Cianjur, Jawa Barat, saat pemberlakuan sistem ganjil genap jalur Puncak, Jumat (3/9/2021) petang.

"Itu saya serahkan skema sepenuhnya pada kepolisian yang mengatur karena jalur naiknya Omicron di Jabar itu Kota Bandung, ibu kota Jawa Barat. Jalurnya dari Cipularang," kata Kang Emil, panggilan akrabnya, Jumat (11/2/2022).

Ia menilai, banyak wisatawan memilih berwisata ke Bandung karena tak perlu menggunakan pesawat terbang.

Oleh karenanya pengelola hotel di Bandung harus melakukan pengetesan yang ketat secara acak pada karyawannya demi memastikan wisatawan yang datang dalam kondisi sehat.

"Kalau piknik pasti banyak yang memilih ke Bandung terkait repotnya (ketentuan) naik pesawat. Karena itu saya perintahkan pengetesan random supaya dilakukan, khususnya pada karyawan hotel," kata dia.

"Sebab potensi (kasus) dimungkinkan datang awalnya dari tempat penginapan. Kalau di hotel tak banyak kasus berarti hotel tersebut sudah menjalankan prosedur dengan baik," lanjut Kang Emil.

Baca juga: Buat yang Belum Tahu, Ini Alasan Wajib Matikan Mesin Saat Isi Bensin

Suasana Taman Lalu Lintas Bandung pada hari kedua Lebaran, Selasa (29/7/2014).KOMPAS.com/PUTRA PRIMA PERDANA Suasana Taman Lalu Lintas Bandung pada hari kedua Lebaran, Selasa (29/7/2014).

Diketahui, saat ini lonjakkan kasus Covid-19 di Bandung memang tengah meningkat sampai 80 persen. Sehingga perlu adanya langkah-langkah antisipatif di samping terus menerapkan protokol kesehatan ketat.

"Walaupun kasus rendah jangan lengah, khususnya daerah tujuan wisata. Waspada kemungkinan tamu dari Jabodetabek yang membawa virus. Oleh karena itu Pedulilindungi dan penggunaan masker harus sering diingatkan," ujar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com