Subaru Kembali Lagi ke Indonesia, Sudah Punya Modal Apa?

Kompas.com - 10/02/2022, 10:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Merek otomotif asal Jepang, Subaru, memastikan komitmennya ke pasar dalam negeri bersama PT Plaza Auto Mega (Plaza Subaru) sebagai agen pemegang merek (APM).

Sebelumnya Subaru hengkang dari Indonesia akibat APM sebelumnya bermasalah terkait izin impor. Kini melalui APM baru, muncul rasa optimisme, tapi sudah punya modal apa untuk kembali eksis di pasar otomotif dalam negeri?

"Kami adalah ATPM ke-4 dari merek Subaru. Tentu, banyak pelajaran dari sebelumnya dan saat ini kita berupaya memperbaiki kesalahan langkah yang pernah dilakukan," kata Arie Christopher Setiadharma, COO Plaza Subaru dalam media gathering, Rabu (9/2/2022).

Baca juga: Subaru Indonesia Mulai Jualan Mobil di Kuartal II/2022

Tampilan Subaru Forester versi JDMMOTOR1.com Tampilan Subaru Forester versi JDM

Berbagai strategi diklaim telah rampung hingga ditargetkan pada kuartal II/2022 akan hadir produk baru model sport utility vehicle (SUV). Tidak sampai di sana, Subaru juga mengaku akan menambah jaringan diler.

"Seperti, kita akan selalu in-line dengan kebijakan pemerintah baik dari sisi legalitas, production plan, hingga pemasarannya," kata dia.

Alasan itu pula, kata Arie yang mengakibatkan langkah Subaru di Indonesia cukup lambat alias berhati-hati. Mengingat, penunjukkan APM Plaza Subaru sudah resmi ditetapkan pada Februari 2020.

Meski demikian, ia menyebut bahwa seluruh persiapan sudah hampir usai. Dalam waktu dekat atau setidaknya di periode April-Juni 2022 Subaru di Indonesia akan kembali menjalankan aktivitas bisnis.

"Kita tidak ingin mengulangi kesalahan yang sama. Maka mungkin teman-teman penasaran sampai saat ini, Februari 2022 belum ada produk baru dari Subaru Indonesia," katanya.

Adapun alasan lain mengapa langkah Subaru di Tanah Air tampak terlihat terhambat ialah karena adanya pandemi Covid-19 di sepanjang tahun lalu yang disertai krisis pasokkan cip semikonduktor.

Baca juga: Selain LCGC, Ini Daftar Mobil Calon Penerima Insentif PPnBM

Mobil listrik Subaru Solterra saat melewati jalan semi offroad.SUBARU.com Mobil listrik Subaru Solterra saat melewati jalan semi offroad.

"Dua faktor itu sudah pasti mempengaruhi pergerakkan kami. Tetapi kami sudah memikirkan rencana untuk eksistensi produk dan brand Subaru di Indonesia," ucap Arie.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.