Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jenis Kacamata Hitam yang Aman Digunakan Saat Mengemudi

Kompas.com - 09/02/2022, 19:51 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com – Menggunakan kacamata hitam saat mengendarai mobil menjadi fenomena yang tidak asing lagi.

Baik pengemudi wanita atau pengemudi pria kerap mengenakan benda ini saat mengendarai mobil di siang hari. Selain sebagai pelindung mata, kacamata juga berfungsi sebagai penunjang penampilan.

Namun, mengendarai mobil dengan menggunakan kacamata hitam kerap dianggap berbahaya. Penggunaan benda ini disinyalir mengganggu visibilitas pengemudi.

Baca juga: Cegah Truk ODOL, Kemenhub Terapkan Teknologi WIM di Kulon Progo

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan jika hendaknya pengemudi memperhatikan intensitas tingkat kegelapan kacamata.

“Baiknya kacamata yang gelap hanya sekitar 20 persen, kacanya bersih dan framenya tidak mengganggu,” kata Sony baru-baru ini pada Kompas.com. 

Kacamata hitam yang terlalu gelap akan membuat penglihatan pengemudi terganggu. Pada akhirnya, visibilitas pengemudi jadi tidak jelas dalam menangkap objek di perjalanan.

Kacamata Barton PerreiraVIA luxurylondon.co.uk Kacamata Barton Perreira

Visibilitas yang terganggu merupakan hal yang buruk saat berkendara. Ini dapat membuat pengemudi menabrak objek di sekitarnya, dan yang paling fatal menjadi sumber kecelakaan lalu lintas pengguna jalan lainnya.

Di negara Inggris telah memberlakukan denda bagi pengendara mobil yang menyetir sambil menggunakan kacamata hitam. Hal ini sebagai perlindungan dan keamanan saat berkendara.

Namun di Indonesia sendiri belum ada aturan yang melarang penggunaan benda ini saat mengendarai mobil. Akan tetapi bukan berarti penggunaanya kacamata hitam saat mengemudikan mobil adalah pilihan yang aman.

Baca juga: Adira Finance Gandeng Penyedia Layanan Dompet Digital

Maka dari itu, alangkah baiknya menggunakan kacamata hitam yang tidak terlalu pekat saat mengendarai kendaraan roda empat.

Tidak hanya itu saja, sebaiknya mengenakan kacamata hitam di saat tertentu saja. Saat terik matahari yang menyengat adalah waktu yang tepat. Dengan begitu, kacamata hitam berfungsi untuk mengurangi terik sinar matahari yang menyilaukan mata.

Jika situasi tidak terlalu menyilaukan, sebaiknya kacamata hitam di copot agar visibilitas saat mengemudi lebih jelas.

Penggunaanya juga tidak dianjurkan terlalu lama, durasi maksimal menggunakan kacamata hitam saat mengendarai mobil adalah 1 jam.

Jika ingin menghindari silau dari sinar matahari, Sony menyarankan agar pengemudi memasang sun visor.

“Jadi yang ideal adalah hindari paparan matahari langsung dan pasang sun visor,” tutup Sony.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com