Parkir Mobil di Tempat Terbuka Bikin Wiper Cepat Rusak

Kompas.com - 08/02/2022, 19:41 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com – Wiper merupakan komponen mobil yang bertugas menyeka air pada kaca mobil. Jika wiper alami masalah, penglihatan pengemudi akan terganggu karena kaca tertutup air.

Umumnya, karet pada wiper yang kondisinya sudah tidak baik akan sulit menyeka air secara maksimal.

Selain karena faktor usia, cara penyimpanan mobil juga mempengaruhi kondisi wiper. Memarkir di tempat terbuka dengan terik panas matahari akan membuat wiper cepat rusak.

Baca juga: Pengereman Motor Matik yang Pakai ABS dan CBS Berbeda, Ini Penjelasannya

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan, karet wiper akan mudah getas jika mobil terpapar matahari langsung.

“Karena bahan wiper karet terkena kaca akibat terik matahari, sehingga karet kering dan tidak lentur lagi,” kata Didi baru-baru ini pada Kompas.com.

Jika terlalu lama memarkir di tempat yang panas, dapat membuat karet wiper copot. Bahkan pegangan atau rangka wiper juga mudah copot jika terlalu lama berjemur.

Air wiper digunakan untuk membasuh permukaan kaca sehingga mudah dibersihkan karet wiper.Foto: Peugeot Air wiper digunakan untuk membasuh permukaan kaca sehingga mudah dibersihkan karet wiper.

Ada pula yang sengaja mengangkat wiper agar tidak kepanasan, namun cara ini sangatlah tidak dianjurkan. Ini justru akan berpengaruh pada per wiper, sehingga tidak akan kuat saat menyapu kaca.

Meskipun penting namun wiper jarang diperhatikan oleh pemilik kendaraan. Bahkan, masih banyak pemilik mobil yang beranggapan jika wiper masih bisa dinyalakan saat aktif bergerak.

Kendati masih bisa dihidupkan, kinerja wiper menyapu kaca tidak maksimal dan tidak akan bersih.

Didi menyebutkan, visibilitas pengemudi akan terganggu dan tidak bisa melihat dengan jelas jika wiper tidak bekerja dengan baik. Kaca akan terhalang dengan oleh air, terutama saat berkendara di tengah hujan. Dan ini sangat berbahaya bagi keselamatan berlalu lintas.

Baca juga: Rem Tromol dan Cakram pada Mobil, Mana Lebih Unggul?

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.