Kompas.com - 07/02/2022, 17:01 WIB

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Usai menggarap Toyota Land Cruiser 300 agar mumpuni melaju di trek salju, kini giliran Mitsubishi Pajero Sport yang didandani oleh rumah modifikasi Rusia Arctic Trucks agar tampil lebih gagah dan tangguh.

Dilansir dari Carscoops, Senin (7/2/2022), SUV ladder frame dari Mitsubishi ini dibekali ubahan yang berfokus pada kaki-kaki agar bisa melibas jalan ekstrem termasuk melaju di trek salju.

Layaknya modifikasi Arctic Trucks lainnya, Mitsubishi Pajero Sport ini tetap mempertahankan desain eksterior dan interior yang sudah ada. Hanya saja, disematkan beberapa ubahan yang bisa meningkatkan kapabilitas mobil ini.

Baca juga: Bikin Land Cruiser 300 Bisa Terabas Medan Bersalju

Ubahan yang paling signifikan adalah pemasangan ban dengan ukuran 17 inci. Ukuran ini memang lebih kecil dibanding ban standar Mitsubishi Pajero Sport yang memiliki ukuran 18 inci.

Meski begitu, tapak ban mobil ini buat lebih lebar yakni 315/70 di depan dan belakang. Hal ini bertujuan untuk memaksimalkan grip di semua jenis permukaan jalan.

Mitsubishi Pajero Sport garapan Arctic Truckscarscoops.com Mitsubishi Pajero Sport garapan Arctic Trucks

Ukuran ban yang lebih besar otomatis membuat Arctic Trucks harus memasang fender baru. Bentuk bodi Pajero Sport ini telah dibikin lebih kekar berkat sentuhan over fender di depan dan belakang.

Sementara untuk suspensinya juga sudah di upgrade menggunakan model heavy-duty yang membuat mobil ini terlihat lebih jenjang.

Berkat peningkatan roda baru, jarak terendah ke tanah telah ditingkatkan mencapai 270 mm. Angka ground clearance tersebut lebih tinggi dibandingkan Mitsubishi Pajero Sport standar yang hanya 218 mm. Adapun pada approach angle menjadi 28,8 derajat dan juga departure angle mencapai 34,5 derajat.

Mitsubishi Pajero Sport garapan Arctic Trucks carscoops.com Mitsubishi Pajero Sport garapan Arctic Trucks

Baca juga: Pengereman Motor Matik yang Pakai ABS dan CBS Berbeda, Ini Penjelasannya

Meski telah dilakukan ubahan signifikan pada bagian kaki-kaki, SUV lansiran produsen tiga berlian ini ini masih mengandalkan mesin standar, diesel 2.400 cc turbo yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 181 tk pada 3.500 rpm dan torsi 430 Nm pada 2.500 Nm, yang dikawinkan dengan transmisi otomatis 8-percepatan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.