Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Modifikasi Mitsubishi Pajero Sport, Siap Terabas Medan Esktrem

Kompas.com - 07/02/2022, 17:01 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Usai menggarap Toyota Land Cruiser 300 agar mumpuni melaju di trek salju, kini giliran Mitsubishi Pajero Sport yang didandani oleh rumah modifikasi Rusia Arctic Trucks agar tampil lebih gagah dan tangguh.

Dilansir dari Carscoops, Senin (7/2/2022), SUV ladder frame dari Mitsubishi ini dibekali ubahan yang berfokus pada kaki-kaki agar bisa melibas jalan ekstrem termasuk melaju di trek salju.

Layaknya modifikasi Arctic Trucks lainnya, Mitsubishi Pajero Sport ini tetap mempertahankan desain eksterior dan interior yang sudah ada. Hanya saja, disematkan beberapa ubahan yang bisa meningkatkan kapabilitas mobil ini.

Baca juga: Bikin Land Cruiser 300 Bisa Terabas Medan Bersalju

Ubahan yang paling signifikan adalah pemasangan ban dengan ukuran 17 inci. Ukuran ini memang lebih kecil dibanding ban standar Mitsubishi Pajero Sport yang memiliki ukuran 18 inci.

Meski begitu, tapak ban mobil ini buat lebih lebar yakni 315/70 di depan dan belakang. Hal ini bertujuan untuk memaksimalkan grip di semua jenis permukaan jalan.

Mitsubishi Pajero Sport garapan Arctic Truckscarscoops.com Mitsubishi Pajero Sport garapan Arctic Trucks

Ukuran ban yang lebih besar otomatis membuat Arctic Trucks harus memasang fender baru. Bentuk bodi Pajero Sport ini telah dibikin lebih kekar berkat sentuhan over fender di depan dan belakang.

Sementara untuk suspensinya juga sudah di upgrade menggunakan model heavy-duty yang membuat mobil ini terlihat lebih jenjang.

Berkat peningkatan roda baru, jarak terendah ke tanah telah ditingkatkan mencapai 270 mm. Angka ground clearance tersebut lebih tinggi dibandingkan Mitsubishi Pajero Sport standar yang hanya 218 mm. Adapun pada approach angle menjadi 28,8 derajat dan juga departure angle mencapai 34,5 derajat.

Mitsubishi Pajero Sport garapan Arctic Trucks carscoops.com Mitsubishi Pajero Sport garapan Arctic Trucks

Baca juga: Pengereman Motor Matik yang Pakai ABS dan CBS Berbeda, Ini Penjelasannya

Meski telah dilakukan ubahan signifikan pada bagian kaki-kaki, SUV lansiran produsen tiga berlian ini ini masih mengandalkan mesin standar, diesel 2.400 cc turbo yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 181 tk pada 3.500 rpm dan torsi 430 Nm pada 2.500 Nm, yang dikawinkan dengan transmisi otomatis 8-percepatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com