Kompas.com - 06/02/2022, 17:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi para pelaku niaga, kendaraan pengangkut barang dagangan jadi salah satu aset yang perlu dimiliki. Untuk usaha kecil dan menengah, mobil pikap terbilang cukup sebagai kendaraan angkutan.

Pikap kerap jadi buruan pelaku niaga karena memang didesain sebagai angkutan barang sehingga bisa membawa muatan lebih banyak dibanding mobil jenis lainnya.

Tenaganya terhitung mumpuni di segala medan jalan, irit bahan bakar, dan harga beli yang terjangkau.

Apabila memiliki keterbatasan dana untuk membeli pikap baru, berburu unit bekasnya bisa jadi pertimbangan.

Terlebih bagi sebagian orang, membeli pikap tidak mengutamakan aspek kenyamanan sehingga dirasa 'sayang' jika mengeluarkan dana lebih untuk memiliki unit barunya.

Baca juga: Pemula, Begini Cara Benar Oper Gigi Perseneling Mobil Manual

Suzuki Carry pick up.SIS Suzuki Carry pick up.

Berburu pikap bekas tentu tidak memprioritaskan kondisi bodi mengingat lecet dan baret umum ditemukan pada kendaraan yang difungsikan sebagai angkutan barang.

Dilansir dari sejumlah bursa mobil bekas daring, Minggu (6/2/2022), dengan patokan dana di bawah Rp 70 juta, pilihan pikap bekas umumnya berasal dari pabrikan Jepang seperti Mitsubishi, Daihatsu, dan Isuzu.

Bukan cuma pikap dengan bak terbuka, di kisaran harga tersebut, mobil pikap yang dilengkapi boks tertutup juga tersedia.

Baca juga: Polisi Terapkan Lagi Pembatasan Mobilitas di Jakarta, Ini Ruas Jalan yang Ditutup

Mitsubishi L300 masih memimpin segmen light commercial vehicle selama 30 tahun lebihwww.mitsubishi-motors.co.id Mitsubishi L300 masih memimpin segmen light commercial vehicle selama 30 tahun lebih

Harap diingat, karena merupakan kendaraan niaga, kepemilikan pikap juga harus disertai dengan sertifikat uji laik jalan atau kir. Oleh sebab itu, pastikan status pajak kendaraan serta surat kir-nya masih aktif, agar tidak perlu mengeluarkan dana tambahan lagi.

Sebagai referensi, berikut pilihan mobil pikap bak terbuka maupun boks dengan banderol di bawah Rp 70 juta per Februari 2022.

  • Daihatsu Gran Max PU M/T tahun 2014 harga Rp 67 juta
  • Suzuki Carry PU 1.5 M/T tahun 2013 harga Rp 66 juta
  • Suzuki Mega Carry PU 1.5 M/T tahun 2011 harga Rp 60 juta
  • Isuzu Panther PU 2.5 M/T tahun 2009 harga Rp 64,5 juta
  • Isuzu Panther Box 2.5 M/T tahun 2010 harga Rp 69,5 juta
  • Mitsubishi Colt T120SS 1.5 M/T tahun 2010 harga Rp 58 juta
  • Mitsubishi L300 Box 2.5 M/T tahun 205 harga Rp 68 juta
  • Foton Pick Up 2.8 M/T tahun 2017 harga Rp 65 juta
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.