Ford Daftarkan Paten Transmisi Manual Tanpa Pedal Kopling

Kompas.com - 06/02/2022, 15:18 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Produsen mobil saat ini menawarkan beberapa transmisi manual modern, seperti yang ditawarkan oleh pabrikan Korea Selatan Hyundai, yakni transmisi manual tanpa pedal kopling.

Berkaca dari hal ini Ford, nampaknya juga tak ingin ketinggalan untuk menyajikan gaya baru dari transmisi manual. Hal ini dibuktikan dengan pengajuan paten yang dilakukan oleh pabrikan asal Amerika Serikat itu.

Dilansir dari laman The Drive, Minggu (6/2/2022), permohonan paten telah diajukan Ford ke United States Patent and Trademark Office (USPTO) pada Desember 2018.

Akan tetapi, isi dokumen tersebut baru dipublikasikan November lalu, dan baru ditemukan dan dipublikasikan oleh web Muscle Cars & Trucks bulan ini.

Baca juga: Lelang Toyota AE86 Trueno Hasil Sitaan Negara, Tembus Rp 1 Miliar

Dalam paten tersebut dituliskan untuk “transmisi manual dengan sebuah kopling listrik,” di mana hidrolik pelepas kopling diberi tekanan oleh master silinder yang dioperasikan oleh aktuator elektronik.

Aktuator inilah yang menerima sinyal baik dari sensor tekanan pada shifter pola-H atau dari “override” yang terpasang pada pedal kopling, di mana akan dihubungkan ke kopling hanya secara elektronik.

Ford BroncoFord.com Ford Bronco

Spekulasi mengatakan bahwa mekanisme tersebut dapat digunakan pada model S650 Mustang, meskipun mungkin juga akan dipasang pada kendaraan offroad Ford seperti Bronco. Namun, untuk mengaplikasikan inovasi tersebut butuh proses produksi yang panjang.

Hal ini dikarenakan, dengan perubahan teknologi tersebut, maka mekanisme yang selanjutnya digunakan akan lebih kompleks dan akan menaikkan biaya, memperumit servis, dan mungkin menurunkan beberapa hal.

Baca juga: Urus Balik Nama Kendaraan di Jakarta, Ini Biaya Resminya

Sementara itu, keuntungan dari pematenan ini adalah membuat operasi transmisi manual lebih mudah digunakan, serta lebih kompatibel dengan sistem hybrid.

Meski beberapa paten Ford baru-baru ini mengindikasikan bahwa aplikasi transmisi manual ke Mustang memang sedang dikerjakan. Namun, masih belum ada bukti secara konkret. Maka dari itu, kita harus bersabar menunggu Ford untuk secara resmi merilis informasi berikutnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.