Kompas.com - 06/02/2022, 16:01 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Terjadi kecelakaan mobil terbalik di jalan tol menjelang Tol GT Kapuk arah Pluit, Jakarta Utara, pada siang hari, Minggu (6/2).

Belum diketahui detail terkait kecelakaan lalu lintas tersebut. Seperti yang diunggah akun Instagram Jakarta Info terlihat mobil Honda Jazz warna merah tersebut terbalik di tol.

Terlihat mobil dalam posisi terbalik di lajur kanan, dengan kap mesin di bawah dan mengarah ke bagian belakang.

Baca juga: Lelang Toyota AE86 Trueno Hasil Sitaan Negara, Tembus Rp 1 Miliar

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by JAKARTA INFO (@jktinfo)

 

Berkaca pada kejadian tersebut, meski belum diketahui pasti penyebabnya, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana, mengatakan, mobil terbalik karena kehilangan kontrol.

"Mobil terbalik disebabkan adanya gerakan tidak normal yang terjadi akibat dari hilangnya kontrol pengemudi terhadap keseimbangan kendaraan," kata Sony kepada Kompas.com, Minggu (6/2/2022).

Sony mengatakan, perlu dipahami bahwa saat mobil sudah berjalan minimal 20 kpj, maka faktor keseimbangan pada kendaraan sudah bekerja, yaitu Pitch, Roll, Yaw & Bounch.

Jalan Tol Manado-BitungDok. PT Jasamarga Manado Bitung Jalan Tol Manado-Bitung

"Tetapi ketika Yaw ikut bekerja artinya kendaraan sudah mengalami slip dan berpotensi kecelakaan sampai dengan terbalik," katanya.

Baca juga: Lebih Ekstrem dari Sitinjau Lauik, Detik-detik Bus AKAP Lewati Likuan Endikat

Sony mengatakan, pengemudi mesti paham risiko dan hal yang harus diperhatikan di tol. Salah satunya ialah slip seperti understeer dan oversteer. Kemudian terbalik dan menghantam obyek yang ada di kiri dan kanan.

"Hal yang bisa meminimalkan resiko tersebut adalah kontrol emosi, karena ketika emosi stabil maka akal sehat akan berpikir dua kali untuk bertindak gegabah dalam menentukan kecepatan, zig-zag dan ugal-ugalan," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.