Kompas.com - 05/02/2022, 10:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil transmisi otomatis alias matik memberikan sejumlah kemudahan dalam mengemudi. Ketiadaan pedal kopling membuat kerja kaki lebih ringan dibanding saat mengemudi mobil transmisi manual.

Meski mengemudikan mobil matik tergolong lebih mudah, bukan berarti bisa asal-asalan. Salah satunya perkara menginjak pedal rem. Jangan gunakan kaki kiri untuk menginjak rem di mobil matik.

Samsudin, Aftersales Support Astra Peugeot, menjelaskan bahwa pengereman dengan menggunakan kaki kiri bisa menimbulkan missed feeling bagi pengemudi.

Baca juga: Ini Kesalahan Umum Pengemudi Pemula Saat Masuk Jalan Tol

Pengemudi yang sudah terbiasa menyetir mobil transmisi manual, maka kaki kirinya terbiasa menginjak tuas pedal kopling sangat dalam. Namun bila dilakukan hal serupa terhadap pedal rem saat menggunakan mobil matik, dikhawatirkan mobil akan berhenti secara mendadak.

Rem mobil matikStanly/Otomania Rem mobil matik

"Selain itu, pengemudi juga dapat secara tidak sengaja menginjak pedal rem dan gas di saat yang bersamaan. Hal ini dapat mempersingkat usia komponen seperti clutch pada transmisi otomatis," kata Samsudin, beberapa waktu lalu.

Sebab, pada posisi tersebut kopling dalam kondisi bekerja atau berputar, tetapi daya geraknya ditahan dengan kuat oleh tekanan rem.

Baca juga: Kebiasaan Ini Sepele, tetapi Bisa Bikin Transmisi Cepat Rusak

Menurut Samsudin, kadar perasaan yang dimiliki pengemudi antara kaki kanan dan kiri saat menginjak pedal sangat berbeda.

Terlebih ketika mengemudikan mobil transmisi manual. Kaki kanan akan lebih aktif untuk menekan pedal gas dan rem bergantian, sementara kaki kiri bertugas menginjak pedal kopling saja.

Pada mobil matik, kaki kiri seharusnya bebas dari tugas apapun termasuk menginjak pedal-pedal. Kaki kiri cukup rileks dan biarkan kaki kanan yang bertugas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.