Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jajal Yamaha Fazzio Keliling Bogor, Konsumsi BBM Tembus 75 Kpl

Kompas.com - 04/02/2022, 10:02 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Usai meluncur pada Januari 2022, kini saatnya merasakan impresi berkendara Yamaha Fazzio. Motor hybrid pertama Yamaha yang bermain di segmen entry level skutik.

Pada Kamis (3/2/2022), PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) melakukan pengetesan bersama awak media.

Dalam sesi itu, redaksi Kompas.com diberi kesempatan untuk berkendara keliling kota Bogor, dengan jarak 19,9 kilometer.

Baca juga: Biasa Pakai Manual Tiba-tiba Bawa Mobil Matik, Jangan Anggap Sepele

Yamaha FazzioKOMPAS.com/ADITYO WISNU Yamaha Fazzio

Fazzio pun langsung dihadapi berbagai kondisi jalan, yang mewakili karakter lalu lintas harian. Salah satunya situasi kemacetan yang membuat motor harus melakukan stop and go lebih sering.

Sayangnya, tidak ada fitur pencatat konsumsi bahan bakar Fazzio dalam panel Multi Information Display (MID). Meski begitu, Yamaha mengakalinya dengan menggunakan metode full to full.

Berdasarkan catatan tim Yamaha, Fazzio rupanya tergolong cukup efisien untuk menunjang kegiatan sehari-hari. Test rider Kompas.com dengan tinggi 163 cm dan berat sekitar 59 kg, bisa meraih konsumsi BBM 73,70 km per liter.

Baca juga: Kulik Perbedaan Teknis Honda Vario 160 dan Vario 150

Yamaha FazzioDok. YIMM Yamaha Fazzio

Bahkan rekor terbaiknya pada hari itu, konsumsi bahan bakar Fazzio yang dipakai rekan media yang lain, bisa menembus 75,09 km per liter pada rute yang sama.

Untuk diketahui, motor digunakan di jalur perkotaan dengan situasi yang didominasi kemacetan dan kepadatan lalu lintas.

Namun kecepatan memang dibatasi karena harus mengikuti alur konvoi. Sesekali test rider hanya bisa melakukan akselerasi mendadak secara spontan.

Baca juga: Saat Beli BBM, Lebih Baik Pakai Hitungan Liter atau Rupiah?

Yamaha FazzioKOMPAS.com/ADITYO WISNU Yamaha Fazzio

Kemudian, hematnya bahan bakar Fazzio turut didukung fitur Start Stop System. Dengan fitur tersebut, motor akan mematikan mesin otomatis ketika berhenti atau idle lebih dari 3-5 detik.

Jadi, ketika mesin mati saat di lampu merah atau kemacetan, tidak akan membuang bahan bakar secara percuma, sehingga bisa membuat konsumsi bensin lebih irit.

Dan tentunya, sistem hybrid pada skutik ini turut berkontribusi untuk menekan konsumsi bahan bakar, terutama saat akselerasi awal dari berhenti.

Secara umum, jarak tempuh pada test ride kali ini memang terbilang singkat. Namun hasil tersebut sudah cukup untuk menggambarkan betapa iritnya sebuah motor hybrid.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com