Jajal Yamaha Fazzio Keliling Bogor, Konsumsi BBM Tembus 75 Kpl

Kompas.com - 04/02/2022, 10:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Usai meluncur pada Januari 2022, kini saatnya merasakan impresi berkendara Yamaha Fazzio. Motor hybrid pertama Yamaha yang bermain di segmen entry level skutik.

Pada Kamis (3/2/2022), PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) melakukan pengetesan bersama awak media.

Dalam sesi itu, redaksi Kompas.com diberi kesempatan untuk berkendara keliling kota Bogor, dengan jarak 19,9 kilometer.

Baca juga: Biasa Pakai Manual Tiba-tiba Bawa Mobil Matik, Jangan Anggap Sepele

Yamaha FazzioKOMPAS.com/ADITYO WISNU Yamaha Fazzio

Fazzio pun langsung dihadapi berbagai kondisi jalan, yang mewakili karakter lalu lintas harian. Salah satunya situasi kemacetan yang membuat motor harus melakukan stop and go lebih sering.

Sayangnya, tidak ada fitur pencatat konsumsi bahan bakar Fazzio dalam panel Multi Information Display (MID). Meski begitu, Yamaha mengakalinya dengan menggunakan metode full to full.

Berdasarkan catatan tim Yamaha, Fazzio rupanya tergolong cukup efisien untuk menunjang kegiatan sehari-hari. Test rider Kompas.com dengan tinggi 163 cm dan berat sekitar 59 kg, bisa meraih konsumsi BBM 73,70 km per liter.

Baca juga: Kulik Perbedaan Teknis Honda Vario 160 dan Vario 150

Yamaha FazzioDok. YIMM Yamaha Fazzio

Bahkan rekor terbaiknya pada hari itu, konsumsi bahan bakar Fazzio yang dipakai rekan media yang lain, bisa menembus 75,09 km per liter pada rute yang sama.

Untuk diketahui, motor digunakan di jalur perkotaan dengan situasi yang didominasi kemacetan dan kepadatan lalu lintas.

Namun kecepatan memang dibatasi karena harus mengikuti alur konvoi. Sesekali test rider hanya bisa melakukan akselerasi mendadak secara spontan.

Baca juga: Saat Beli BBM, Lebih Baik Pakai Hitungan Liter atau Rupiah?

Yamaha FazzioKOMPAS.com/ADITYO WISNU Yamaha Fazzio

Kemudian, hematnya bahan bakar Fazzio turut didukung fitur Start Stop System. Dengan fitur tersebut, motor akan mematikan mesin otomatis ketika berhenti atau idle lebih dari 3-5 detik.

Jadi, ketika mesin mati saat di lampu merah atau kemacetan, tidak akan membuang bahan bakar secara percuma, sehingga bisa membuat konsumsi bensin lebih irit.

Dan tentunya, sistem hybrid pada skutik ini turut berkontribusi untuk menekan konsumsi bahan bakar, terutama saat akselerasi awal dari berhenti.

Secara umum, jarak tempuh pada test ride kali ini memang terbilang singkat. Namun hasil tersebut sudah cukup untuk menggambarkan betapa iritnya sebuah motor hybrid.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.