Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jajal Konsumsi BBM Kia Seltos Diesel di Jalanan Ibu Kota

Kompas.com - 02/02/2022, 17:43 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Usai membahas tentang impersi berkendara, kini saatnya tim redaksi melirik konsumsi atas bahan bakar dari Kia Seltos diesel di jalanan Ibu Kota.

Untuk diketahui, Kia Seltos diesel dibekali dengan mesin diesel U2 1.5 E-VGT CRDi 1.493 cc.

Melihat dari data spesifikasi yang ada, secara output Kia Seltos diesel memiliki tenaga sebesar 115 Ps atau 113 Tk pada 4.000 rpm dan torsinya mencapai 250 Nm pada rentang 1.500-2.750 rpm yang kemudian disalurkan melalui sistem transmisi otomatis 6-percepatan.

Baca juga: Jajal Mesin Diesel Kia Seltos di Jalan Ibu Kota

Dari pengetesan yang dilakukan tim redaksi Kompas.com, performa mesin diesel Kia Seltos cukup responsif terutama di jalan perkotaan.

Saat berada di kemacetan, mobil ini juga cocok menghadapi kondisi stop and go, apalagi sisi handling yang tergolong nyaman.

Lantas bagaimana soal konsumsi bahan bakarnya?

Rata-rata konsumsi bahan bakar Kia SeltosKompas.com/ApridaMegaNanda Rata-rata konsumsi bahan bakar Kia Seltos

Dari hasil pengujian singkat yang dilakukan tim redaksi di dalam kota dengan kondisi jalan yang cukup bervariasi, mulai dari kemacetan Ibu Kota hingga jalan tol, konsumsi BBM rata-rata Kia Seltos diesel terbilang cukup irit, yakni mencapai 10,1 km per liter.

Catatan tersebut berdasarkan MID dengan jarak total mencapai 34,1 kilometer. Adapun kecepatan rata-rata yang dilakoni adalah 40 kpj sampai 80 kpj.

Baca juga: Komparasi Harga Honda Vario 160, 150, dan 125

Sayangnya tim redaksi belum bisa melakukan tes konsumsi bahan bakar mobil ini secara maksimal di jalan tol luar kota, karena keterbatasan waktu.

Ada beberapa faktor yang memengaruhi konsumsi bahan bakar mulai dari gaya berkendara, kondisi jalan, bahan bakar yang digunakan, bobot kendaraan, beban yang dibawa di kabin dan sebagainnya.

Kia Seltos diesel ini memang menjawab kebutuhan soal performa, pasalnya mobil dari produsen Korea Selatan ini merupakan SUV kompak pertama yang menggunakan mesin diesel. Meski begitu, mobil ini tetap menghadirkan sisi fun to drive.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com