Kulik Perbedaan Teknis Honda Vario 160 dan Vario 150

Kompas.com - 03/02/2022, 08:12 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - All New Honda Vario 160 resmi meluncur di Indonesia. Skutik yang sudah ramai dibincangkan sejak tahun lalu itu mendapat berbagai ubahan sampai ke sisi teknis.

Selain mesin lebh besar, perbedaan antara Vario 160 dengan Vario 150 model lama ialah rangka. Pada Vario 160 sudah memakai konstruksi enhanced Smart Architecture Frame (eSAF).

Teknologi rangka eSAF sebelumnya sudah dipakai di Beat, Genio dan Scoopy. Rangka ini diklaim lebih ringan dan lebih kaku, sehingga memberikan pengendalian yang lebih baik.

Baca juga: Bahaya Isi Ulang Pakai Air Aki Botol Tutup Merah

All New Honda Vario 150 2018.ISTIMEWA All New Honda Vario 150 2018.

"Beda rangka yang lama selisih 8 persen (lebih ringan). (Tapi) bobot motor Vario 160 lebih berat 5 kg untuk tipe ABS (dari Vario 150)," kata Reza Rezdie S, Technical Service Division Astra Honda Motor (AHM), di Cikarang, Rabu (2/2/2022).

Rinciannya berat rangka Vario 150 sebesar 12,8 kg sedangkan rangka Vario 160 dengan teknologi eSAF sebesar 11,7 kg.

Di atas kertas, Vario 160 mengusung mesin berkubikasi 160cc 4- katup eSP+, berpendingin cairan, yang menghasilkan tenaga 11,3 kW pada 8.500 rpm dan torsi 13,8 Nm pada 7.000 rpm.

Reza mengatakan, dengan mesin lebih besar tenaga yang dihasilkan juga lebih besar. Maka perbandingan power to weight ratio (PWR) Vario 160 lebih baik.

"PWR (Vario 160) lebih besar daripada Vario 150. Loginya begini kubikasi naik dan bobot naik dibagi power tetap lebih tinggi PWR Vario 160," katanya.

Perbedaan lain yaitu ada di suspensi belakang. Reza menyebut spring suspensi belakang Vario 160 lebih keras dari Vario 150.

Baca juga: Butuh Pendidikan buat Menciptakan Sopir Truk yang Kompeten

All New Honda Vario 160Foto: AHM All New Honda Vario 160

"Dia lebih keras karena bobotnya naik. Sebagai kompensasi bobotnya naik maka suspensi belakang spring-nya saja dibuat lebih keras," katanya.

"Suspensi belakang juga lebih panjang. Vario yang lama panjangnya 333 mm sekarang 344 mm," katanya.

Adapun untuk suspensi depan tidak berbeda. Reza menyebut perbedaanya hanya di bentuk tabung tapi spesifikasinya tetap sama.

"Spek sama bentuk tabungnya beda. Beda desain, diameter dan struktur sama hanya tabungnya beda," ungkapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.