Tips Melindungi Jok Motor dari Cakaran Kucing

Kompas.com - 30/01/2022, 19:52 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com— Cakaran kucing kerap menjadi permasalahan yang sering menimpa jok sepeda motor. Alhasil Jok kendaraan roda dua menjadi tergores, jika dibiarkan terlalu lama akan membuat jok motor hancur.

Kondisi ini adalah hal yang paling dihindari oleh pemilik motor, terutama untuk motor kesayangan.

Namun menghentikan aksi kucing mencakar jok motor dapat dibilang sulit. Hal itu karena mencakar adalah sifat alamiah yang dimiliki setiap kucing.

Meski telah di usir atau dilarang untuk menjauh dari motor, kucing selalu melakukannya berulang-ulang. Dibutuhkan trik atau cara khusus guna mencegah kucing mencakar jok motor.

Drh Nurul Hafsari dari DNA Animal Clinic Bogor mengatakan, kebanyakan jok motor memiliki tekstur yang disukai kucing untuk menyalurkan kegemarannya dalam mencakar.

Baca juga: Kronologi Bus Tabrak Flyover Simpang Lapan Hingga Atap Terlepas

Jok motor itu beberapa sifatnya bertekstur karena saat digaruk sangat nyaman sensasinya bagi kucing. Sehingga mereka melakukan berulang,” katanya pada Kompas.com.

Cara untuk melindungi jok motor dari cakaran kucing yang pertama adalah memilih tekstur jok yang tidak disukai kucing. Nurul menyarankan agar jok motor tidak bertekstur atau halus.
Jok motor yang halus tidak sukai kucing sebagai objek untuk mencakar.

Tren modifikasi jok motorFoto: MBtech Tren modifikasi jok motor

Kucing lebih menyukai jok bertekstur yang kokoh agar badan mereka tidak cepat tumbang. Tekstur yang tidak halus atau licin jadi tantangan yang menyenangkan bagi kucing.

“Biasanya ada jok motor anti panas atau segala macam jenisnya, itu harus di ganti jok yang lebih halus. Karena kalau halus, tidak enak di cakar bagi kucing,” imbuh Nurul.

Namun, dengan cara ini harus mengorbankan selera pemilik motor. Misalnya pemilik motor lebih menggemari jok tekstur yang kasar, maka harus mengalah agar jok motor tidak di koyak oleh kucing.

Baca juga: Bukan Cuma Uji Guling, Ini Standar Keselamatan Bus Lainnya

Cara yang kedua adalah menutup jok motor dengan kain. Kain yang digunakan bisa kain tipis jenis rayon atau yang lebih dikenal dengan kain Bali.

Pada saat motor parkir, tutuplah dengan rata jok motor dengan kain tersebut.

“Kain yang biasa saja atau kain tipis serupa kain Bali segala dapat membantu pemilik motor agar mencegah kucing tidak mencakar jok motornya,” tutup Nurul.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.