Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Modifikasi Interior Mobil Jangan Asal Gaya

Kompas.com - 28/01/2022, 17:41 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Modifikasi menjadi hal yang lumrah dilakukan oleh para pemilik mobil, karena dinilai dapat mempercantik tampilan dan menambah nilai dari suatu kendaraan.

Seperti modifikasi pada interior mobil biasanya meliputi penggantian bahan jok, karpet, setir, audio, head unit sampai penambah peredam.

Namun, mengubah interior mobil sebaiknya bukan hanya sekedar gaya tetapi harus disesuaikan juga dengan fungsinya.

Edy, Pemilik bengkel spesialis interior Vertue Concept mengatakan, ketika pemilik kendaraan ingin mengubah atau memodifikasi interior mobil sebaiknya memperhatikan beberapa aspek.

Baca juga: Lebih Baik Mana, Pasang Sarung atau Retrim Jok Mobil?

“Sebelum memutuskan untuk memodifikasi interior mobil, sebaiknya pemilik memikirkan dulu aspek kebutuhan dan fungsinya. Sampai sebatas mana kebutuhannya mereka dan sebesar apa fungsi yang didapatkan, bukan sekedar gaya,” ujar Edy saat dihubungi tim Kompas.com belum lama ini.

Seperti contoh, ketika ingin memodifikasi jok mobil, Edy selalu bertanya terlebih dahulu seperti apa kebutuhan konsumennya.

Ilustrasi ledakan airbag di mobil.9news.com.au Ilustrasi ledakan airbag di mobil.

“Biasanya kita tanya dulu kebutuhannya apa, masalahnya dimana, kemudian baru kita kaji. Misal, konsumen mengeluhkan jok yang tidak enak ketika diduduki, pinggangnya terasa sakit. Baru kemudian kita cari tahu sumber sakitnya di mana, supaya kita bisa upgrade agar lebih nyaman, bisa dengan ganti bahan atau busanya,” ucap Edy.

Selain itu Edy menjelaskan, modifikasi yang baik atau proper tidak akan mengurangi fungsi dan keamanan dari kendaraan.

“Misalnya memodifikasi setir, hanya dilakukan pada lingkar setir. Pada bagian tengah tidak akan diubah sama sekali, karena hal tersebut akan mengganggu kinerja airbag. Sebaiknya pada bagian tersebut juga menggunakan bahan yang tidak licin, seperti kulit atau suede,” kata dia.

Baca juga: Viral, Unggahan tentang Razia STNK hingga Sita Kendaraan

Menurut Edy, bila hanya mengandalkan selera tanpa memikirkan mana yang tepat, maka hasil modifikasi yang dilakukan akan sia-sia.

“Maka dari itu, pemilihan tema yang baik dan diikuti dengan jenis mobil juga paduan warna yang akan digunakan juga harus diperhatikan,” ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com