Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Emak-emak Asal Selonong Bikin Kaget Pengemudi Mobil

Kompas.com - 27/01/2022, 18:35 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Video tayang di media sosial memperlihatkan salah satu perilaku yang sering dilakukan pengendara motor, yaitu belok tanpa melihat keadaan sekitar.

Video tersebut diunggah akun Instagram Dashcam Owners Indonesia, memperlihatkan ibu-ibu alias emak-emak yang asal "selonong" saat mau belok di jalan utama.

Aksi itu membuat pengemudi mobil kaget. Video memperlihatkan tidak ada kecelakaan yang terjadi. Tapi menekankan bahwa kesadaran berperilaku aman saat mengendarai motor di jalan masih rendah.

Baca juga: Fungsi Lain Glasswool Knalpot Motor

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dash Cam Owners Indonesia (@dashcam_owners_indonesia)

 

Tidak jarang ditemui kejadian pemotor yang ingin belok, namun tidak menoleh ke kiri atau kanan terlebih dahulu, menyalakan lampu sein pun tidak.

Perilaku ini bisa jadi menyebalkan, apalagi jika terlibat kontak dengan mereka di mulut gang.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia, Sony Susmana mengatakan, pengendara motor yang jarang menoleh saat manuver adalah pengendara yang tidak paham keselamatan berkendara.

“Tabrakan bisa saja terjadi salah satunya karena adanya pengendara yang tidak paham rambu-rambu dalam bermanuver,” kata Sony kepada Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Kenali Waktu dan Ritual Membersihkan Rantai Motor yang Benar

Naik motor saat musim hujan Foto: Yamaha Naik motor saat musim hujan

Selain itu, pengendara model ini tidak menghormati pengguna jalan lain. Bermanuver artinya mengambil jalan atau jalur orang lain, sehingga harus melihat, menyalakan lampu sein dan melakukan manuver saat sudah diberi kesempatan.

“Pengendara yang tidak menoleh saat manuver hanya mengandalkan hard skill. Padahal soft skill atau perilaku saat berkendara juga penting,” ucap Sony.

Selain itu, jika tidak menoleh saat ingin manuver, masih ada titik buta atau blind spot yang tidak terlihat. Sehingga akan rawan tersenggol dengan pengguna jalan lain jika tidak menoleh sebelum melakukan manuver.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com