Jumpa Pertama SUV Flagship untuk Indonesia, Chery Tiggo 8 Pro

Kompas.com - 28/01/2022, 09:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.comChery, merek China yang sebelumnya pernah masuk Indonesia, kini hadir kembali dengan wajah baru. Bahkan di 2022, merek pelat merah negeri Tiongkok ini mau langsung all out, melepas jajaran sport utility vehicle (SUV) anndalan.

Sebelum meluncurkan produk, PT Chery Motor Indonesia mengajak redaksi dan media lain untuk lihat secara langsung tiga SUV andalan Chery di pasar global, yaitu Tiggo 4 Pro, 7 Pro, dan 8 Pro.

Pada artikel lain, redaksi juga akan membahas Tiggo 4 Pro dan 7 Pro, mobil SUV compact dan medium dengan dua baris bangku. Kali ini, yang akan dibahas adalah SUV flagship Chery Tiggo 8 Pro.

Baca juga: Chery Bersiap Bawa Kendaraan Listrik di Indonesia

Chery Tiggo 8 ProKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Chery Tiggo 8 Pro

Secara tampilan eksterior, menurut kami bagian depannya mengingatkan BMW X7. Bisa dilihat dari bagian lampu yang menyatu dengan DRL serta gril besar yang dipenuhi aksen berlian.

Jika dilihat pada bagian samping, bentuknya terlihat bongsor ditambah penggunaan pelek dual tone berukuran 18 inci. Kemudian untuk bagian belakangnya, sudah dilengkapi dengan lampu kombinasi LED dan pintu bagasi yang bisa dibuka otomatis pakai kick sensor.

Soal performa, untuk tipe yang dipamerkan ini dibekali dengan mesin bensin 1.600 cc TGDI yang menghasilkan tenaga 145 kW atau 194 TK dan torsi 290 Nm. Namun, di negara lain juga disediakan varian mesin 2.0L TGDI yang dipertimbangkan untuk hadir juga di Indonesia.

Baca juga: Rumor Honda Vario 160 Siap Meluncur Bulan Depan

Kabin Chery Tiggo 8 ProKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Kabin Chery Tiggo 8 Pro

Masuk ke kabin Tiggo 8 Pro, dibalut dengan bahan-bahan premium, mulai dari door trim dan dasbor sudah menggunakan material empuk. Selain itu untuk bangku juga sudah dilapis kulit coklat muda dengan sandaran kepala yang bisa diatur bantalannya.

Pada instrument cluster, pengemudi dimanjakan dengan layarnya yang sudah full digital. Untuk sistem hiburan juga sudah menggunakan model floating dan layar sentuh dengan speaker dan tweeter Sony, ditambah adanya fitur kamera 360 derajat.

Kemudian untuk pengaturan AC juga sudah digital dengan grafis yang menarik. Pada layar kontrol AC tersebut, bisa diatur kecepatan angin, suhu, hingga arah semburan lewat sentuhan jari.

Kabin Chery Tiggo 8 ProKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Kabin Chery Tiggo 8 Pro

Pindah ke bagian belakang, kesan mewah masih kuat karena bangku yang modelnya mirip dengan di depan dan sandaran kepalanya bisa diatur juga. Penumpang belakang juga bisa menikmati panoramic roof di bagian atas dan kisi-kisi AC yang ada di konsol tengah.

Tiggo 8 Pro ini juga punya baris bangku ketiga, namun ukurannya tidak begitu besar untuk orang dengan tinggi 177 cm. Kami mencobanya dan ruang kepala sangat tipis dengan plafon, untuk leg room, masih bisa diatur karena bangku depannya bisa disetel maju dan mundur.

Kabin Chery Tiggo 8 ProKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Kabin Chery Tiggo 8 Pro

Untuk fiturnya, Tiggo 8 Pro tentu lebih lengkap dibanding Tiggo 7 Pro. Misalnya Tiggo 8 Pro sudah dilengkapi dengan sistem cerdas seperti Adaptive Cruise Control (ACC) dan Forward Collision Warning.

Namun produk yang hadir masih menggunakan standar fitur global. Untuk pasar Indonesia, akan ada penyesuaian lagi, fitur-fitur apa yang akan disematkan dan disesuaikan dengan keinginan masyarakat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.