Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Viral, Unggahan tentang Razia STNK hingga Sita Kendaraan | Rumor Honda Vario 160 Siap Meluncur Bulan Depan

Kompas.com - 28/01/2022, 06:02 WIB
Serafina Ophelia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Beredar narasi di media sosial Facebook yang menyebut razia Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) bagi kendaraan yang menunggak pajak tiga tahun atau lebih.

Tak hanya satu akun Facebook saja, narasi tersebut juga diunggah oleh beberapa pengguna media sosial itu. Seperti akun bernama Jose Rajagukguk, Aris Bandiantoro, Yuedie Jumlah Songo, dan Jurnalis Mewengkang Komaling.

Ketiga akun tersebut memiliki narasi yang nyaris serupa, di mana disebutkan bahwa kendaraan bermotor yang telat membayar pajak selama tiga tahun akan langsung disita, dan akan ada biaya derek dan parkir Rp 400.000 per hari.

Kemudian, Honda Vario 160 jadi produk yang digadang-gadang bakal meluncur sebelum pergantian tahun 2021, tetapi urung dilakukan. Kini, memasuki Januari 2022, kabar tersebut kembali mencuat.

Disitat dari Great Biker (26/1/2022), Vario 160 atau Click 160 untuk pasar Thailand rencananya siap diluncurkan selama Februari sampai Maret 2022.

Vario 160 diharapkan mendapatkan desain dengan ubahan menyeluruh. Meski begitu, secara umum masih membawa karakter yang sama dengan model sebelumnya.

Selengkapnya, berikut daftar 5 artikel terpopuler kanal otomotif pada Kamis, 27 Januari 2022.

1. Viral, Unggahan tentang Razia STNK hingga Sita Kendaraan

Syarat perpanjang STNK, persyaratan perpanjang STNK, dan syarat perpanjang STNK motorKOMPAS.com/MUHLIS ALAWI Syarat perpanjang STNK, persyaratan perpanjang STNK, dan syarat perpanjang STNK motor

Mengenai unggahan tersebut, Kasubdit STNK Korlantas Polri Kombes Taslim Chairuddin memastikan bahwa unggahan tersebut adalah berita tidak benar alias hoaks.

“Saya pastikan informasi itu bohong atau hoaks,” ujar Taslim kepada Kompas.com, Rabu (26/1/2022).

Menurut Taslim, penegakan hukum terkait STNK yang dilakukan adalah untuk mengontrol penggunaan kendaraan ilegal.

Baca juga: Viral, Unggahan tentang Razia STNK hingga Sita Kendaraan

2. Rumor Honda Vario 160 Siap Meluncur Bulan Depan

Ilustrasi Honda Vario 160 yang dirumorkan bakal meluncur pada akhir 2021Foto: Motosaigon.vn Ilustrasi Honda Vario 160 yang dirumorkan bakal meluncur pada akhir 2021

Vario 160 kabarnya sudah mengusung rem cakram pada roda belakangnya. Sementara untuk sokbreker belakang kemungkinan masih single shock.

Urusan mesin belum ada yang bisa diungkap lebih detail. Namun, jika benar mengusung embel-embel "160", kemungkinan besar skutik ini bakal menggendong mesin eSP+ 157 cc 4 valve milik PCX 160.

Namun, dengan ukuran bodi yang lebih kompak dan lebih ringan, handling Vario 160 tampaknya bakal lebih asyik ketimbang PCX 160, terutama saat melaju di perkotaan yang padat.

Baca juga: Rumor Honda Vario 160 Siap Meluncur Bulan Depan

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com