Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Street Race Bakal Digelar di Tangerang, Ini Lokasinya

Kompas.com - 23/01/2022, 07:45 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Ajang street race yang digagas oleh Polda Metro Jaya diklaim sukses digelar di kawasan Ancol, Jakarta, Minggu (16/1/2022). Balapan tersebut setidaknya diramaikan oleh 350 pembalap dari berbagai kelas.

Melalui terobosan ini, diharapkan tidak ada lagi pengendara yang ingin melakukan balap liar ilegal yang penuh risiko.

Tak hanya itu, Polda Metro Jaya juga telah menyiapkan beberapa alternatif lokasi lain yang nantinya dapat digunakan sebagai sirkuit balap jalanan alias street race. Salah satunya adalah di Jalan Green Boulevard BSD City, Pagedangan, Kabupaten Tangerang.

Baca juga: Polda Metro Jaya Siapkan Lokasi Street Race di Tangerang dan Bekasi

Kasat Lantas Polres Tangerang Selatan (Tangsel) AKP Dicky Sutarman mengatakan, pihaknya telah dua kali melakukan survei lokasi tersebut.

Dalam survei itu, pihak kepolisian juga turut mengundang komunitas motor dan joki balap untuk memastikan jalan tersebut aman digunakan untuk balap jalanan.

Para pebalap atau perwakilan saat sedang mendaftarkan diri untuk mengikuti street race di Ancol, Jakarta Utara, Minggu (16/1/2022).KOMPAS.com/MUHAMMAD NAUFAL Para pebalap atau perwakilan saat sedang mendaftarkan diri untuk mengikuti street race di Ancol, Jakarta Utara, Minggu (16/1/2022).

“Lokasi street race BSD ini kami rencanakan berada di Jalan Green Boulevard. Kami mengundang dari komunitas motor dan joki balap motor untuk melihat kondisi yang ada dilapangan,” ucap Dicky, dikutip dari Kompas.com, Sabtu (22/1/2022).

Dicky menjelaskan, jalan yang disiapkan untuk street race di BSD City yakni sepanjang 800 meter. Namun, pihaknya belum bisa memastikan kapan ajang balap jalanan di lokasi tersebut bisa dilaksanakan.

“Setelah survei ini kami tentu akan laporan kepada pemimpin kami, Bapak Kapolres dan Bapak Dirlantas Polda Metro Jaya untuk selanjutnya kami menunggu arahan dan petunjuk dari pimpinan,” ucapnya.

Perhelatan street race alias balap jalanan legal resmi diselenggarakan di kawasan Ancol.Ruly Kurniawan/Kompas.com Perhelatan street race alias balap jalanan legal resmi diselenggarakan di kawasan Ancol.

Sebagai informasi, street race digelar untuk pertama kalinya di Ancol, Jakarta Utara, Minggu (16/1/2022). Meski baru sekali dilaksanakan, gelaran tersebut diklaim mampu mengurangi balap liar yang terselenggara secara ilegal di jalan raya.

Baca juga: Pengakuan Sopir Truk yang Menyebabkan Kecelakaan Beruntun Balikpapan

Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Fadil Imran sebelumnya mengungkapkan, bahwa gelaran street race tersebut bukan hanya sekedar seremonial.

Dia merencanakan street race juga digelar di Serpong, Kota Tangerang Selatan, Banten, pada bulan depan.

Selain di Serpong, Fadil berharap street race juga bisa digelar di Bekasi, dan Cikarang Jawa Barat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com