Dapat Angin Segar, All New Xenia Inden di Kalimantan Timur

Kompas.com - 22/01/2022, 17:31 WIB

SAMARINDA, KOMPAS.com - Tak hanya di segmen komerisal, penjualan kendaraan penumpang Daihatsu di Kalimantan Timur, khususnya Balikpapan dan Samarinda, rupanya ikut terkerek signifikan.

Terutama setelah kehadiran generasi baru All New Xenia yang meluncur November 2021, dan datang membawa perubahan total dibanding versi sebelumnya.

Hal tersebut diakui Yodiyanto, Kepala Cabang PT Astra Internasional Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Samarinda yang mengatakan, penerimaan Xenia baru sejauh ini sangat baik, bahkan lebih diminati dari model sebelumnya.

Baca juga: Soal Model yang Menikmati PPnBM 50 Persen, Ini Kata Daihatsu

"All New Xenia masuk jadi backbone (lima besar). Lumayan signifikan dibanding model sebelumnya. Kenaikannya juga tinggi, dulu kita jual 10 unit sekarang kurang lebih 30 unit per bulan," kata Yodi kepada media ketika melakukan perjalanan Terios 7 Wonders di Kalimantan, Kamis (20/1/2022).

Bahkan, menurut Yodi, ada beberapa tipe dari low multi purpose vehicle (LMPV) alias LMPV murah tersebut, yang berstatus tidak ready, alias inden.

Daihatsu All New Xenia meluncur di GIIAS 2021Dio Dananjaya/Kompas.com Daihatsu All New Xenia meluncur di GIIAS 2021

Untuk tipenya rata-rata di dominasi All New Xenia varian tertinggi, yakni Tipe R, baik dengan CVT atapun yang menggunakan perangkat ADS alias aksesori resmi Daihats.

Adanya inden juga diutarakan Nidzomudin, Kepala Cabang PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Balikpapan. Menurut dia, kehadiran Xenia baru memang berimbas positif dari sisi penjualan di daerahnya.

Baca juga: Imbas Batu Bara, Penjualan Daihatsu di Kaltim Naik Signifikan

"Sejauh ini kami baru jual 21 unit, tapi itu karena faktor suplai. Secara animo luar biasa di Balikapapn, sampai hari ini pun kalau perhitungan saya penjualan lebih banyak dari Desember (2021)," ucap Nidzomudin.

"Inden sudah pasti, karena faktor distribusi tadi. Tapi indenya lebih ke masalah-masalah pilihan warna sejauh ini," katanya.

Sementara itu, Marketing and Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Hendrayadi Lastiyoso menjelaskan, inden di beberapa kota memang lebih karena faktor distribusi unit.

"Kita memang butuh waktu untuk distribusi, terutama ke Kalimantan butuh waktu dua minggu. Saat itu kita sendiri juga masih perlu untuk kebutuhan pameran dan lain sebagainya, jadi pemenuhan All New Xenia baru bisa dikirim awal Desember, aktivitas pemasaran di luar Pulau Jawa juga baru mulai di awal dan pertengahan Desember," Ujar Hendrayadi.

Daihatsu All New Xenia meluncur di GIIAS 2021Dio Dananjaya/Kompas.com Daihatsu All New Xenia meluncur di GIIAS 2021

Baca juga: Ajak Terios Bermain di Habitatnya hingga Cruising di Sungai Mahakam

"Jadi bila beberapa kota mengatakan inden itu lebih karena distribusi. Apalagi juga terpotong dengan libur Natal dan tahun baru. Tapi itu hal yang biasa," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.