Toyota Yaris Jr Ikut Mejeng di Tokyo Auto Salon 2022

Kompas.com - 22/01/2022, 19:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Yaris terus jadi sorotan belakangan ini. Setelah kehadiran GR Yaris dan Yaris GRMN, sekarang hadir juga Yaris Jr.

Mobil ini bukan varian terbaru dari Yaris, melainkan modifikasi dari Toyota iQ. Tapi, mesinnya sudah diganti jadi lebih bertenaga.

Baca juga: Bos Toyota Geber Yaris Rally1 dan GRMN Yaris di Tokyo Auto Salon 2022

Dikutip dari Autoindustriya.com, Sabtu (22/1/2022), mobil modifikasi ini adalah hasil garapan sekelompok mahasiswa asal Jepang dari Saitama Institute of Automotive Technology.

Toyota Yaris Jr hasil modifikasi sekelompok mahasiswa di JepangDok. Autoindustriya.com Toyota Yaris Jr hasil modifikasi sekelompok mahasiswa di Jepang

Sebelumnya, ada juga sekelompok mahasiswa dari Nihon Automobile College yang membuat Suzuki Jimny 5 pintu. Mobil tersebut juga banyak diperbincangkan.

Untuk Yaris Jr ini, tampilannya seperti GR Yaris versi mini. Dengan basis iQ, sekelompok mahasiswa tersebut membuat body kit menyerupai Yaris untuk disematkan ke mobil ini.

Baca juga: Toyota Hadirkan Prototype GR Yaris H2, Pakai Bahan Bakar Hidrogen

Tampilan luarnya makin sporty lagi dengan penggunan kap mesin dari bahan carbon fiber. Di bagian kaki-kakinya, sudah dipasang dengan pelek aftermarket dari Work Wheels.

Toyota Yaris Jr hasil modifikasi sekelompok mahasiswa di JepangDok. Autoindustriya.com Toyota Yaris Jr hasil modifikasi sekelompok mahasiswa di Jepang

Selain eksteriornya, sektor mesin juga diubah total.sebab, mesin 1.3L milik iQ diganti dengan mesin motor supersport, yakni Kawasaki Ninja ZX-14R, yang memiliki kapasitas mesin 1.400 cc. Tenaga yang dihasilkan mesin tersebut bisa mencapai 200 PS dan torsi 163 Nm.

Uniknya, mesin tersebut tidak diletakkan di balik kap mesin atau engine bay. Tapi, justru diletakkan di bagian belakang mobil atau di baris kedua, tempat yang biasa digunakan untuk penumpang.

Toyota Yaris Jr hasil modifikasi sekelompok mahasiswa di JepangDok. Autoindustriya.com Toyota Yaris Jr hasil modifikasi sekelompok mahasiswa di Jepang

Jika diperhatikan, terlihat di sisi kanan dan kiri kaca samping bagian belakang, ada lubang dengan pipa yang menonjol. Bagian tersebut adalah knalpot.

Tenaga yang dihasilkan mungkin tidak sebesar mesin 1.6 liter turbo inline-three milik GR Yaris. Tapi, dengan mesin yang kapasitasnya besar dan dimensi yang mungil, mobil ini pasti tetap seru untuk dikendarai.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.