Seberapa Laris Mobil Asal Tiongkok di 2021?

Kompas.com - 22/01/2022, 19:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kendaraan roda empat asal Tiongkok perlahan mulai menunjukkan tajinya di pasar otomotif Indonesia. Meski konsumennya belum seramai produk asal Jepang, keberadaan merek-merek Tiongkok ini patut diperhitungkan.

Saat ini ada tiga merek Tiongkok yang meramaikan persaingan kendaraan roda empat di Tanah Air, yakni Wuling, DFSK, dan MG.

Sebagai pengingat, MG saat ini dimiliki penuh oleh Shanghai Automotive Industry Corporation (SAIC) sehingga MG kini layak untuk dikategorikan sebagai merek asal Tiongkok.

Baca juga: Bertemu Mobil Pelat Nomor Dewa Minta Jalan, Lebih Baik Mengalah

DFSK Super Cab, mobil andalan DFSK untuk segmen pikap ringan.DFSK DFSK Super Cab, mobil andalan DFSK untuk segmen pikap ringan.

Untuk segmen mobil niaga, ada Wuling dan DFSK yang bermain. Sementara di kelas sport utility vehicle (SUV), ketiga merek tersebut ikut bersaing. Lantas untuk segmen multi purpose vehicle (MPV) hanya ada Wuling.

Melihat data wholesales mobil sepanjang 2021 yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), total penjualan mobil dari ketiga merek tersebut mencapai 29.923 unit, sudah termasuk mobil pikap sebagai kendaraan niaga ringan.

Wuling menjadi peringkat pertama mobil Tiongkok terlaris di Indonesia pada 2021 dengan catatan penjualan 25.604 unit untuk seluruh modelnya.

Baca juga: Jangan Bersihkan Mesin Motor Pakai Bensin

MG HS resmi mengaspal di IndonesiaMG MG HS resmi mengaspal di Indonesia

Wuling Confero yang bermain di kelas MPV murah jadi penyumbang terbanyak dengan angka penjualan 10.488 unit. Disusul Almaz sebanyak 9.694 unit, Cortez 4.423 unit, dan Formo 999 unit.

Berikutnya DFSK di peringkat kedua membukukan penjualan 3.244 unit. Segmen niaga jadi andalan DFSK karena DFSK Supercab berhasil terjual sebanyak 2.577 unit.

Terakhir yakni MG yang baru memasarkan 2 model. MG hanya bisa menjual mobil sebanyak 1.075 unit sepanjang tahun 2021. MG HS yang bermain di segmen SUV menyumbang penjualan terbanyak dengan jumlah 600 unit.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.