[POPULER OTOMOTIF] Pengakuan Sopir Truk yang Menyebabkan Kecelakaan Beruntun Balikpapan | Bertemu Mobil Pelat Nomor Dewa Minta Jalan, Lebih Baik Mengalah

Kompas.com - 23/01/2022, 07:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Kepolisian Daerah Kalimantan Timur telah mengamankan pengemudi atau sopir truk tronton yang menyebabkan kecelakaan beruntun di kawasan Muara Rapak, Balikpapan, Kalimantan Timur, Jumat (21/1/2022).

Menurut keterangannya, pengemudi terkait yang bernama MA selamat meski mencelakai hingga 21 orang akibat tak dapat kendalikan kendaraan bertonase besar yang dikendarainya.

Disebutkan bahwa kala itu, sopir ingin membawa muatan kapur ke kawasan Kampung Baru Kalimantan Barat. Ia memutuskan untuk lewat jalur terkait karena biasa dilaluinya.

Selain itu, pelat nomor kendaraan dengan kode khusus merupakan salah satu fasilitas yang diberikan oleh pemerintah untuk beberapa jabatan tertentu di Indonesia.

Pembedaan ini dilakukan guna memudahkan petugas maupun pihak terkait dalam mengindentifikasi identitas penumpang yang berada di kendaraan tersebut. Sebagai contoh sederhana, mobil ini punya huruf akhiran RFP, RFS, RFD, hingga RFL.

Nomor polisi (nopol) tersebut menandakan pemiliknya golongan istimewa atau kalangan tertentu seperti pejabat negara mulai dari eselon II hingga menteri.

Berikut daftar 5 artikel terfavorit di kanal Kompas Otomotif, Sabtu (23/1/2022):

1. Pengakuan Sopir Truk yang Menyebabkan Kecelakaan Beruntun Balikpapan

Tangkapan layar rekaman CCTV saat kecelakaan beruntun di turunan simpang Muara Rapak, Balikpapan, Jumat (21/1/2022) pagi sekitar pukul 06.15 Wita. Kecelakaan yang diduga karena truk mengalami rem blong itu mengakibatkan sedikitnya 4 orang tewas, 1 orang kritis, 3 orang mengalami operasi tulang patah, dan 5 orang luka ringan.HO/TANGKAPAN LAYAR CCTV DISHUB B Tangkapan layar rekaman CCTV saat kecelakaan beruntun di turunan simpang Muara Rapak, Balikpapan, Jumat (21/1/2022) pagi sekitar pukul 06.15 Wita. Kecelakaan yang diduga karena truk mengalami rem blong itu mengakibatkan sedikitnya 4 orang tewas, 1 orang kritis, 3 orang mengalami operasi tulang patah, dan 5 orang luka ringan.

"Terus lewat situ dan sudah ganti gigi, tapi ternyata rem blong," kata sopir dalam keterangan kepolisian, Jumat.

Saat kali pertama kejadian, yang ia ingat ialah menabrak sepeda motor. Kemudian truk tak kunjung dapat dikendalikannya hingga total terdapat 10 kendaraan yang diseruduk truk. Rinciannya, empat sepeda motor, dua mobil pribadi, dua angkutan umum, dan dua mobil pikap.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.