Rawan, Jangan Biarkan Hijab Panjang Terjuntai ke Bawah Saat Dibonceng

Kompas.com - 21/01/2022, 14:01 WIB
Video tayang di media sosial memperlihatkan pengendara sepeda motor berboncengan dengan baju panjang yang menjuntai ke bawah yang bisa membahayakan. Foto: Tangkapan layar Video tayang di media sosial memperlihatkan pengendara sepeda motor berboncengan dengan baju panjang yang menjuntai ke bawah yang bisa membahayakan.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Video tayang di media sosial memperlihatkan pengendara sepeda motor berboncengan dengan baju yang menjuntai ke bawah yang rawan kecelakaan.

Baju atau hijab pembonceng tersebut terurai hingga bagian roda motor. Menutupi lampu rem dan sein motor yang ditumpanginya.

Baca juga: Sah, Daihatsu Mulai Turunkan Harga Ayla dan Sigra

Hal itu dapat berbahaya karena bisa terbelit roda atau setang pengendara lain. Tanpa sinyal dari lampu sein atau rem, kendaraan lain di belakang juga akan sulit menebak ke mana arah motor bergerak.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Lambe Onlen (@lambeonlen)

Dalam video yang diunggah akun Instagram Lambeonlen, akun tersebut mengajak netizen jika bertemu hal seperti itu di jalan untuk mengingatkan bahwa hal itu berbahaya.

"Kalian kalo ngeliat kayak gini di jalan tolong diingetin ya gaes. Bahaya banget mana lagi bawa balita juga.. takutnya nyangkut kendaraan lain doang," tulis penjelasan video dikutip Jumat (21/1/2022).

Jika ditelisik sebetulnya bukan cuma baju yang terlalu panjang hingga menjuntai ke bawah yang berbahaya, tapi jas hujan ponco juga seperti itu rawan masuk roda atau pengendara lain.

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, memang tidak sedikit kasus kecelakaan yang terjadi disebabkan karena hijab atau pakaian yang tersangkut gear rantai dan menggulung.

Baca juga: Marak Lagi Pencurian Spion Mobil, Jangan Parkir Sembarangan

Baju panjang yang menutupi lampu rem dan seninstagram.com/dashcamindonesia Baju panjang yang menutupi lampu rem dan sen

“Sebelum berkendara harus dipastikan bahwa bagian bawah baju tidak menjuntai, agar tidak tersangkut gear rantai dan menggulung. Sebab, jika hal ini sudah terjadi pasti akan berakibat fatal,” ucap Agus saat dihubungi Kompas.com belum lama ini.

Selain itu pakaian yang menjuntai bisa menutupi lampu sein motor sehingga pengendara lain tidak bisa melihat pergerakan kendaraan, kondisi ini tentunya sangat berbahaya.

“Bisa diakali dengan mendudukinya atau sedikit melipat dan mengaitkan ke bagian lainnya,” ucap Agus.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.