Bolehkah Mengoper Gigi Mobil Manual Tak Sesuai Urutan?

Kompas.com - 11/01/2022, 18:31 WIB
Ilustrasi transmisi manual milik VW Golf R CARSCOOPS.comIlustrasi transmisi manual milik VW Golf R

JAKARTA, KOMPAS.com - Perpindahan transmisi pada mobil manual umumnya disesuaikan dengan RPM atau putaran mesin.

Namun, tidak jarang pengguna mobil manual mengganti gigi secara tidak berurutan, saat mengakselerasi kecepatan ataupun ketika sedang memperlambat kecepatan mobil.

Jika tidak sering dilakukan dan hanya dalam beberapa kondisi, ganti gigi tidak berurutan memang tidak berefek buruk.

Walaupun bisa dilakukan, cara ganti gigi yang direkomendasikan adalah secara berurutan dan menyesuaikan dengan kecepatan mobil saat itu.

Secara umum, memindahkan transmisi secara tidak berurutan dapat berefek buruk pada performa mobil dan juga komponen mesin mobil, salah satunya adalah menipisnya kampas kopling.

Baca juga: Begini Cara Benar Memindahkan Persneling Mobil Transmisi Manual

"Bisa enggak kuat. Karena, torsi sama tenaganya bisa jadi kurang," jelas Bambang Supriyadi, Executive Coordinator Technical Division Service PT Astra Daihatsu Motor (ADM) pada Kompas.com, belum lama ini.

Jika gigi dipindahkan tidak sesuai dengan kecepatannya, mesin mobil bisa macet atau bahkan mati.

"Jadi misalnya, gigi satu langsung ke tiga atau gigi lima. Nanti bisa mati atau macet (mesin mobilnya)," kata Bambang.

Transmisi manual All New Isuzu D-MaxKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Transmisi manual All New Isuzu D-Max

Baca juga: Jangan Asal, Begini Cara Pindah Gigi yang Benar pada Mobil Manual

Selain merusak mesin, kebiasaan mengoper gigi secara acak juga dapat membuat performa mobil berkurang. Bisa menyebabkan mesin mobil terasa macet atau melaju dengan kecepatan yang tidak stabil.

Hal ini disebabkan oleh kecepatan mobil yang tidak sesuai dengan transmisi. Maka, cara ganti gigi yang direkomendasikan adalah berurutan dan disesuaikan dengan torsi, sehingga mesin bekerja sesuai dengan transmisi yang digunakan saat itu.

"Ya, rekomendasinya begitu (pindah gigi berurutan). Karena, urutannya itu nanti juga feeling driver-nya akan dapat," kata dia.

Tiap mobil memiliki waktu perpindahan gigi ideal yang berbeda-beda. Maka, penting bagi pengemudi untuk mengetahui waktu perpindahan gigi yang baik pada mobilnya, sesuai ketentuan yang ada di buku manual.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.