Ubahan Luar Dalam Bus Tingkat Baru PO Agung Sejati

Kompas.com - 10/01/2022, 08:42 WIB
Bus AKAP PO Agung Sejati INSTAGRAM/PT.AGUNGSEJATIBus AKAP PO Agung Sejati

JAKARTA, KOMPAS.comPO Agung Sejati menjadi salah satu operator bus AKAP yang baru di Indonesia. Salah satu gebrakan yang dilakukan PO Agung Sejati adalah menggunakan bus tingkat untuk rute Parung-Purwantoro.

Bus tingkat yang digunakan PO Agung Sejati merupakan unit bekas PO Efisiensi yang sudah diubah baik luar (eksterior) maupun dalam (interior). Untuk bagian eksterior, bodi yang awalnya Jetbus 2+ SDD diubah jadi Jetbus 3+ SDD Voyager oleh Meizam Body Repair di Malang.

Selain itu, bagian eksterior juga dicat ulang, tepatnya oleh Karoseri Laksana. Bus yang awalnya berwarna hijau tosca berubah jadi hitam dengan aksen emas serta livery perahu Nuh di bagian belakang bodi.

Baca juga: Segini Biaya Resmi Urus Balik Nama Kendaraan Bermotor

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by PT AGUNG SEJATI BOYOLALI (@pt.agungsejati)

 

Ubahan lain juga ada di bagian interior, kini bus tersebut memiliki tiga kelas layanan, deck atas, single seat, dan sleeper. Padahal sebelumnya, bus ini hanya punya dua kelas layanan, dek atas dan bawah saja yang menggunakan bangku individual 1-1.

Masuk ke dek bawah, ubahan yang dilakukan Meizam Body Repair adalah menambah sekat serta toilet. Selain itu, di bagian belakang dek bawah, dibuat jadi dua bangku sleeper yang super nyaman dengan leg rest yang panjang.

Beralih ke dek atas, ubahan lain yang dilakukan adalah menambah leg rest di setiap bangku, kecuali di hot seat. Selain itu, di bagian belakang juga ditambah smoking area serta sekat untuk tempat kru beristirahat (kandang macan).

Baca juga: Belum Semua Pengendara Paham Marka Yellow Box Junction

Bus double decker milik PO Efisiensi yang ditugaskan di jalur patas untuk waktu terbatas.ZCH1708/bus-truck.id Bus double decker milik PO Efisiensi yang ditugaskan di jalur patas untuk waktu terbatas.

Fasilitas lain yang ditawarkan bus tingkat ini adalah Audio Video On Demand (AVOD) baik di dek atas (kecuali hot seat), single seat, dan sleeper. Selain itu, penumpang bisa menikmati free snack dan minuman hangat seperti teh atau kopi selama perjalanan.

Untuk harga tiketnya, dek atas dibanderol Rp 220.000, sedangkan single seat yang jumlahnya hanya empat bangku ditawarkan dengan harga Rp 280.000. Terakhir untuk sleeper yang hanya ada dua bangku, tiketnya dibanderol Rp 310.000.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.