MPV Rakitan Tiongkok Ini Siap Saingi Innova Jika Masuk Indonesia

Kompas.com - 04/01/2022, 08:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasar otomotif roda empat Tanah Air dikabarkan bakal kedatangan sejumlah model mobil rakitan Tiongkok pada 2022 ini. Salah satunya yakni merek Build Your Dream (BYD).

BYD sendiri sebetulnya sudah lama eksis di Indonesia. Hanya saja mereka belum dikenal luas masyarakat karena lebih sering bermain di transportasi umum seperti bus Transjakarta dan taksi Bluebird.

Menariknya, belum lama ini BYD merilis gambar Song MAX DM-i 2022, mobil multi purpose vehicle (MPV) baru mereka yang dikabarkan bakal hadir sebagai kendaraan Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV).

Baca juga: Terulang Lagi, Pengendara Motor Tertabrak Kereta Api di Kediri

Song MAX DM-i 2022, MPV bermesin hybrid rakitan BYDBYD Song MAX DM-i 2022, MPV bermesin hybrid rakitan BYD

Menyitat CarNewsChina, Selasa (4/1/2022), DM-i yang merupakan singkatan dari Dual Motor-Intelligent adalah sistem hibrida milik BYD yang dikembangkan untuk kendaraan PHEV.

Dikabarkan Song MAX DM-i 2022 secara resmi akan dijual di Tiongkok pada kuartal pertama 2022, dengan pilihan varian 6-seater dan 7-seater.

Yang unik, dari gambar-gambar yang dirilis BYD, Song MAX DM-i 2022 ini dilengkapi dengan roof box alias kompartemen tambahan pada atap mobil yang didesain senada dengan bodi secara keseluruhan.

Baca juga: Bisakah Moge Standar Ditilang karena Suara Knalpot Bising?

Song MAX DM-i 2022, MPV bermesin hybrid rakitan BYDBYD Song MAX DM-i 2022, MPV bermesin hybrid rakitan BYD

Sayangnya belum ada informasi lebih lanjut mengenai penampakan MPV hybrid ini dari sisi desain dalam kabinnya. Namun BYD memastikan interior Song MAX DM-i 2022 akan mengusung desain baru.

Untuk dapur pacu, Song MAX DM-i 2022 bakal membawa mesin 1.5L dengan tenaga maksimal 81 kW, dikawinkan dengan motor listrik berkode TZ220XYE berdaya 145 kW. BYD mengklaim sistem hybrid mobil ini menghasilkan konsumsi BBM yang irit, hingga 0,9 liter per 100 kilometer.

Belum ada kepastian apakah BYD bakal membawa Song MAX DM-i 2022 ke Indonesia tahun ini. Namun jika hal tersebut benar terjadi, bisa saja mobil ini bakal jadi penantang bagi Toyota Innova yang diisukan bakal dibuat versi hybrid-nya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.