Solusi Bayar Tilang Elektronik Bagi Pelanggar Lansia

Kompas.com - 01/01/2022, 10:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sistem tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) sudah diberlakukan secara nasional sejak Maret 2021. Artinya, penindakan pelanggaran lalu lintas tidak lagi dilakukan langsung di tempat.

Tilang elektronik ini tidak terbatas dalam lingkup regional. Dengan kata lain, pelanggaran lalu lintas beda daerah tetap bisa ditindak.

Pelanggar bakal dikirimi surat konfirmasi tilang elektronik ke alamat sesuai data Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) terkait. Dalam surat konfirmasi, terdapat foto bukti pelanggaran, lokasi dan waktu kejadian, pasal yang dilanggar, tenggat waktu konfirmasi, dan kode referensi.

Baca juga: Bus Tingkat PO Agung Sejati, Dicat Ulang Karoseri Laksana

Pembayaran tilang elektronik dilakukan melalui transfer ke nomor rekening virtual yang sudah disediakan. Namun bagaimana dengan masyarakat lanjut usia (lansia) yang sulit melakukan aktivitas transfer tersebut?

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by DITJEN PPI KOMINFO (@ditjenppi.kominfo)

Solusinya yakni pembayaran denda tilang lewat layanan pos. Pengurusan denda tilang elektronik ini bisa dilakukan lewat satu pintu di kantor pos terdekat.

Baca juga: Avanza Lane Hogger Bikin Kesal Berjalan Lambat di Sisi Kanan Tol

Melansir unggahan akun instagram Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika di @ditjenppi.kominfo, Jumat (31/12/2021), berikut langkah-langkah membayar denda tilang elektronik di kantor pos.

  1. Pelanggan datang ke kantor pos terdekat.
  2. Siapkan fotokopi berkas tilang dan KTP atas nama tertilang.
  3. Isi formulir alamat pengiriman jaminan tertilang.
  4. Lakukan pembayaran denda tilang di loket.
  5. Tunggu 2-3 hari berikutnya untuk pengiriman jaminan tilang ke alamat pelanggan.

Dengan adanya layanan pembayaran tilang elektronik via kantor pos, masyarakat lansia yang tidak punya pendamping bisa membayar tilang secara mandiri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.