Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Solusi Bayar Tilang Elektronik Bagi Pelanggar Lansia

JAKARTA, KOMPAS.com - Sistem tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) sudah diberlakukan secara nasional sejak Maret 2021. Artinya, penindakan pelanggaran lalu lintas tidak lagi dilakukan langsung di tempat.

Tilang elektronik ini tidak terbatas dalam lingkup regional. Dengan kata lain, pelanggaran lalu lintas beda daerah tetap bisa ditindak.

Pelanggar bakal dikirimi surat konfirmasi tilang elektronik ke alamat sesuai data Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) terkait. Dalam surat konfirmasi, terdapat foto bukti pelanggaran, lokasi dan waktu kejadian, pasal yang dilanggar, tenggat waktu konfirmasi, dan kode referensi.

Pembayaran tilang elektronik dilakukan melalui transfer ke nomor rekening virtual yang sudah disediakan. Namun bagaimana dengan masyarakat lanjut usia (lansia) yang sulit melakukan aktivitas transfer tersebut?

Melansir unggahan akun instagram Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika di @ditjenppi.kominfo, Jumat (31/12/2021), berikut langkah-langkah membayar denda tilang elektronik di kantor pos.

  1. Pelanggan datang ke kantor pos terdekat.
  2. Siapkan fotokopi berkas tilang dan KTP atas nama tertilang.
  3. Isi formulir alamat pengiriman jaminan tertilang.
  4. Lakukan pembayaran denda tilang di loket.
  5. Tunggu 2-3 hari berikutnya untuk pengiriman jaminan tilang ke alamat pelanggan.

Dengan adanya layanan pembayaran tilang elektronik via kantor pos, masyarakat lansia yang tidak punya pendamping bisa membayar tilang secara mandiri.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/01/01/102200615/solusi-bayar-tilang-elektronik-bagi-pelanggar-lansia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke