Mulai Sore Ini, Ada Ganjil Genap di Seluruh Lokasi Wisata Banten

Kompas.com - 31/12/2021, 16:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Demi menekan angka kerumunan dan kepadatan lalu lintas menuju lokasi wisata di seluruh Banten, akan ada manajemen lalu lintas ganjil genapcontra flow, hingga buka tutup jalan.

Polda Banten menerapkan diskresi berlapis pada malam Tahun Baru 2022 ini, dengan harapan bisa menekan jumlah pengunjung lokasi wisata yang dibatasi kapasitasnya hanya 75 persen.

"Ganjil genap diberlakukan di jalur destinasi wisata, dilapis dengan buka tutup dan contra flow untuk mengurangi kepadatan jalur. Kapasitas masyarakat di tempat wisata tidak lebih dari ambang batas 75 persen," kata Kapolda Banten Irjen Pol Rudy Heriyanto dalam keterangan resminya, Jumat (31/12/2021).

Baca juga: Avanza Lane Hogger Bikin Kesal Berjalan Lambat di Sisi Kanan Tol

Seluruh Kepolisian Resort di bawah instruksi Polda Banten bakal menggelar apel pengamanan libur tahun baru pada sore hari ini. Sementara untuk waktu pelaksanaan manajemen lalu lintas baik ganjil genap, buka tutup, dan contra flow disesuaikan masing-masing wilayah.

Pelaksanaan uji coba ganjil genap di Pandeglang, Sabtu (11/12/2021).Satlantas Polres Pandeglang Pelaksanaan uji coba ganjil genap di Pandeglang, Sabtu (11/12/2021).

Sebagai contoh, untuk wilayah Kota Cilegon, penerapan manajemen lalu lintas pada malam tahun baru dimulai pada pukul 17.00 WIB hingga 02.00 WIB keesokan harinya.

Untuk di Kota Serang, pengalihan lalu lintas baru akan dimulai pada pukul 19.00 WIB sampai 01.00 WIB.

Rudy menyatakan, pihaknya turut mewajibkan setiap lokasi wisata dan pengelola tempat keramaian untuk menyediakan aplikasi PeduliLindungi. Gerai vaksin Covid-19 di jalur menuju lokasi wisata juga turut disiapkan.

"Gerai vaksin di pos-pos pelayanan untuk memvaksin warga yang saat berwisata namun belum lengkap divaksin," terangnya.

Baca juga: Bus Tingkat PO Agung Sejati, Dicat Ulang Karoseri Laksana

Sanksi Tilang Pelanggar Ganjil Genap Tempat Wisata

Korlantas Polri menerapkan sanksi hukum tilang berupa denda progresif kepada para pelanggar aturan ganjil genap di tempat wisata selama libur Natal dan Tahun Baru 2022.

Plt. Kabagops Korlantas Polri Kombes Pol Dodi Darjanto menyebut kebijakan ini akan diberlakukan hingga 2 Januari 2022, untuk mengurangi mobilitas masyarakat pada momen tersebut.

Pemberlakuan ganjil genap di Kawasan wisata Anyer mulai Sabtu (11/12/2021)Satlantas Polres Cilegon Pemberlakuan ganjil genap di Kawasan wisata Anyer mulai Sabtu (11/12/2021)

"Sanksi denda progresif hanya berlaku selama Operasi Lilin sampai dengan 2 Januari 2022, dan dilanjutkan dari 3-8 Januari 2022 untuk Kegiatan Rutin Kepolisian Yang Ditingkatkan (KRYD)," kata Dodi, Rabu (29/12/2021).

Dalam pelaksanaannya, pihak kepolisian turut melakukan penindakan lewat sistem tilang elektronik alias Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) baik statis maupun secara mobile.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.