Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Piaggio Gandeng Pabrikan China, Bikin Mesin 150cc 4-Katup

Kompas.com - 31/12/2021, 12:02 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


BEIJING, KOMPAS.com - Pabrikan sepeda motor asal China, Zongshen, mengembangkan mesin untuk skutik berkapasitas 150cc kerjasama Piaggio Group dengan kode mesin G150S.

Mengutip China Motor World, mesin G150S berkubikasi 150cc, SOHC, 4-katup, berpendingin cairan, injeksi. Mampu menghasilkan tenaga 11,5 Kw atau 15,4 tk dan torsi 14,5 Nm.

Baca juga: Malam Tahun Baru Jembatan Suramadu Ditutup

Spesifikasi itu di atas kertas lebih besar ketimbang Yamaha Nmax 155 yakni mesin 155cc yang menghasilkan 11,3 kW atau 15,1 tk pada 8.000 rpm dan torsi 13.9 Nm pada 6.500 rpm.

Zongshen Cyclone RG3Foto: Motosaigon.vn Zongshen Cyclone RG3

Mesin baru G150S baru ini mengadopsi kepala silinder integral, crankshaft baru, piston ringan, filtrasi oli sekunder. Mesin juga kompatibel dengan fitur milenial seperti silent start dan auto start stop.

Belum diketahui apakah kerjasama ini hanya sekadar mesin atau berlanjut ke unit motornya. Tapi ditengarai ialah ke depan mesin Piaggio Group kelas 150cc akan memakai basis G150S ini.

Baca juga: Begini Cara Dongkrak Mobil yang Benar

Hanya belum diketahui model apa yang bakal memakainya. Atau apakah mesin itu akan dipakai pada model yang hanya dijual khusus pasar China atau juga negara lain.

Satu yang diketahui menurut Ride Apart, pasar Asia terutama Asia Tenggara khususnya, suka skuter kecil 150cc. Skuter merupakan denyut perekonomian masyarakat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com