Piaggio Gandeng Pabrikan China, Bikin Mesin 150cc 4-Katup

Kompas.com - 31/12/2021, 12:02 WIB
Zongshen mengembangkan mesin 150cc berkerjasama dengan Piaggio Group dengan kode mesin G150S. Foto: GreatbikerZongshen mengembangkan mesin 150cc berkerjasama dengan Piaggio Group dengan kode mesin G150S.


BEIJING, KOMPAS.com - Pabrikan sepeda motor asal China, Zongshen, mengembangkan mesin untuk skutik berkapasitas 150cc kerjasama Piaggio Group dengan kode mesin G150S.

Mengutip China Motor World, mesin G150S berkubikasi 150cc, SOHC, 4-katup, berpendingin cairan, injeksi. Mampu menghasilkan tenaga 11,5 Kw atau 15,4 tk dan torsi 14,5 Nm.

Baca juga: Malam Tahun Baru Jembatan Suramadu Ditutup

Spesifikasi itu di atas kertas lebih besar ketimbang Yamaha Nmax 155 yakni mesin 155cc yang menghasilkan 11,3 kW atau 15,1 tk pada 8.000 rpm dan torsi 13.9 Nm pada 6.500 rpm.

Zongshen Cyclone RG3Foto: Motosaigon.vn Zongshen Cyclone RG3

Mesin baru G150S baru ini mengadopsi kepala silinder integral, crankshaft baru, piston ringan, filtrasi oli sekunder. Mesin juga kompatibel dengan fitur milenial seperti silent start dan auto start stop.

Belum diketahui apakah kerjasama ini hanya sekadar mesin atau berlanjut ke unit motornya. Tapi ditengarai ialah ke depan mesin Piaggio Group kelas 150cc akan memakai basis G150S ini.

Baca juga: Begini Cara Dongkrak Mobil yang Benar

Hanya belum diketahui model apa yang bakal memakainya. Atau apakah mesin itu akan dipakai pada model yang hanya dijual khusus pasar China atau juga negara lain.

Satu yang diketahui menurut Ride Apart, pasar Asia terutama Asia Tenggara khususnya, suka skuter kecil 150cc. Skuter merupakan denyut perekonomian masyarakat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.