Jangan Salah Beli, Perhatikan Ini Saat Ganti Aki Toyota Rush GR Sport

Kompas.com - 31/12/2021, 11:22 WIB
Toyota Rush GR Sport TAMToyota Rush GR Sport

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota resmi meluncurkan Rush GR Sport dengan beberapa peningkatan. Salah satunya adalah fitur Idling Stop System (ISS).

Sapta Agung Nugraha, Kepala Bengkel Auto2000 Bekasi Barat, mengatakan, fitur ISS bertujuan untuk menghemat penggunaan bahan bakar, di mana mesin akan mati saat kendaraan berhenti sejenak, misalnya ketika antre di lampu merah.

Baca juga: Hadir Rush GR Sport, Intip Harga Bekas Toyota Rush

Dalam keadaan fitur ISS aktif, blower AC dan fungsi kelistrikan mobil lainnya tetap berjalan normal. Ketika mobil akan dijalankan, mesin langsung menyala kembali. Kondisi ini tentunya membutuhkan aki yang khusus.

Ilustrasi perawatan aki pada mobilpersonal.neacelukens.com Ilustrasi perawatan aki pada mobil

"Aki untuk Rush yang ISS berbeda dengan aki tipe sebelumnya, di mana aki yang sekarang sudah mendapatkan perbaikan kualitas agar bisa tahan lebih lama dengan adanya ISS ini," ujar Sapta, kepada Kompas.com, belum lama ini.

Sapta menambahkan, dengan adanya fitur ISS, diharapkan sport utility vehicle (SUV) tersebut akan lebih ramah lingkungan. Sebab, mobil ini menjadi lebih hemat BBM dan emisi yang dihasilkan semakin rendah.

Baca juga: Rush GR Sport Resmi Meluncur, Apa Bedanya dengan Toyota Rush Standar?

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi, mengatakan, aki pada Rush GR Sport memiliki Cold Cranking Ampere (CCA) yang besar untuk menghidupkan mesin saat ISS aktif.

Fitur Eco Idle di All New TeriosDok. Daihatsu Fitur Eco Idle di All New Terios

"Ada ECU yang mengatur kapan fitur ini dapat digunakan, dengan melihat kapasitas CCA-nya. ECU akan membaca kapasitas akinya, untuk menghindari mobil tidak dapat distarter," kata Didi.

Didi menambahkan, aki untuk Rush GR Sport sudah ditandai dengan tulisan "For Stop & Start". Untuk itu, sebelum membeli aki, sebaiknya perhatikan kardus atau kotak pembungkusnya.

Soal harga, aki untuk Rush tipe sebelumnya dibanderol Rp 685.000. Sedangkan aki Rush GR Sport, harganya lebih tinggi, yakni di kisaran Rp 2,6 jutaan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.