Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Salah Beli, Perhatikan Ini Saat Ganti Aki Toyota Rush GR Sport

Kompas.com - 31/12/2021, 11:22 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota resmi meluncurkan Rush GR Sport dengan beberapa peningkatan. Salah satunya adalah fitur Idling Stop System (ISS).

Sapta Agung Nugraha, Kepala Bengkel Auto2000 Bekasi Barat, mengatakan, fitur ISS bertujuan untuk menghemat penggunaan bahan bakar, di mana mesin akan mati saat kendaraan berhenti sejenak, misalnya ketika antre di lampu merah.

Baca juga: Hadir Rush GR Sport, Intip Harga Bekas Toyota Rush

Dalam keadaan fitur ISS aktif, blower AC dan fungsi kelistrikan mobil lainnya tetap berjalan normal. Ketika mobil akan dijalankan, mesin langsung menyala kembali. Kondisi ini tentunya membutuhkan aki yang khusus.

Ilustrasi perawatan aki pada mobilpersonal.neacelukens.com Ilustrasi perawatan aki pada mobil

"Aki untuk Rush yang ISS berbeda dengan aki tipe sebelumnya, di mana aki yang sekarang sudah mendapatkan perbaikan kualitas agar bisa tahan lebih lama dengan adanya ISS ini," ujar Sapta, kepada Kompas.com, belum lama ini.

Sapta menambahkan, dengan adanya fitur ISS, diharapkan sport utility vehicle (SUV) tersebut akan lebih ramah lingkungan. Sebab, mobil ini menjadi lebih hemat BBM dan emisi yang dihasilkan semakin rendah.

Baca juga: Rush GR Sport Resmi Meluncur, Apa Bedanya dengan Toyota Rush Standar?

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi, mengatakan, aki pada Rush GR Sport memiliki Cold Cranking Ampere (CCA) yang besar untuk menghidupkan mesin saat ISS aktif.

Fitur Eco Idle di All New TeriosDok. Daihatsu Fitur Eco Idle di All New Terios

"Ada ECU yang mengatur kapan fitur ini dapat digunakan, dengan melihat kapasitas CCA-nya. ECU akan membaca kapasitas akinya, untuk menghindari mobil tidak dapat distarter," kata Didi.

Didi menambahkan, aki untuk Rush GR Sport sudah ditandai dengan tulisan "For Stop & Start". Untuk itu, sebelum membeli aki, sebaiknya perhatikan kardus atau kotak pembungkusnya.

Soal harga, aki untuk Rush tipe sebelumnya dibanderol Rp 685.000. Sedangkan aki Rush GR Sport, harganya lebih tinggi, yakni di kisaran Rp 2,6 jutaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com