Tren Mobil Lawas, Lampu Depannya Pakai Wiper

Kompas.com - 31/12/2021, 11:02 WIB
Headlamp wiper, fitur pada mobil lawas Dok. CarbuzzHeadlamp wiper, fitur pada mobil lawas

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil lawas memiliki desain yang cukup unik jika dibandingkan dengan mobil zaman sekarang. Termasuk juga fiturnya, seperti headlamp wiper.

Fitur tersebut sudah tidak ditemui lagi pada mobil zaman sekarang. Namun, pada mobil lawas, cukup banyak yang memiliki headlamp wiper, khususnya mobil-mobil Eropa.

Baca juga: Ini Tanggapan Komunitas Mobil Lawas Tentang Tilang Uji Emisi

Bisa dilihat contohnya, seperti Saab 99, Volvo 240, Volvo S60, Mercedes-Benz W123/W124 E-Class, Lada Niva BMW E30 3-series, Jaguar XJ-S, dan lainnya.

@retro_american_cars headlight wipers ???????? #keephistoryalive #headlights #headlightwipers #classic #retro #fyp? #viral #carcommunity ? self control - official_retro_american_cars

Sementara pada mobil Jepang, memang bukan jadi suatu tren. Tapi, bukannya tidak ada, fitur tersebut dapat ditemukan pada Nissan Patrol (Y61).

Prana Jiwandhana, Styling Design Officer PT Toyota Astra Motor (TAM), mengatakan, tren headlamp wiper berawal pada era 1970-an.

Baca juga: Komunitas Mobil Lawas Tanggapi Tilang Uji Emisi, Ada Pro Kontra

Headlamp wiper, fitur pada mobil lawasDok. Carbuzz Headlamp wiper, fitur pada mobil lawas

"Awalnya, Saab dan Volvo yang mencetuskan headlamp wiper, untuk membersihkan headlamp dari salju. Di Swedia, saljunya ekstrem sekali," ujar Prana, kepada Kompas.com, belum lama ini.

Prana menambahkan, menurutnya di Toyota tidak ada model yang menggunakan headlamp wiper. Sebab, cuaca salju di Jepang tidak ekstrem seperti di Swedia.

Headlamp wiper, fitur pada mobil lawasDok. Carbuzz Headlamp wiper, fitur pada mobil lawas

Akbar Juniarto, Styling Design Section Head PT TAM, mengatakan, headlamp wiper tidak lagi digunakan pada mobil zaman sekarang karena sudah ada fitur headlamp washer.

"Dari segi fungsi, dengan bentuk moncong dan headlamp zaman sekarang yang lebih aerodinamis, lampu bisa bersih sendiri dan bahkan washer untuk headlamp juga sudah mulai ditinggalkan," kata Akbar.

Headlamp wiper, fitur pada mobil lawasDok. Carbuzz Headlamp wiper, fitur pada mobil lawas

Secara estetika, menurut Akbar, adanya wiper di lampu utama sangat mengganggu keharmonisan desain mobil secara keseluruhan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.