Parkir Mobil Manual, Enggak Perlu Tambah dengan Masukkan Gigi

Kompas.com - 28/12/2021, 18:51 WIB
Ilustrasi parkir mobil resi.blog.realestate.com.auIlustrasi parkir mobil

JAKARTA, KOMPAS.com – Pengemudi di Indonesia punya kebiasaan memasukkan gigi saat mobil sedang parkir. Hal ini biasa ditemui pada mobil dengan transmisi manual dan posisi parkirnya yang ada di tempat menanjak atau turunan.

Memasukkan gigi memang menahan roda ketika mesinnya mati. Jadi walaupun sudah menggunakan rem tangan, memasukkan gigi transmisi tetap dilakukan karena jaga-jaga rem tangan tidak berfungsi.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan, kebiasaan memasukkan gigi transmisi ini terbentuk karena area parkir yang terbatas di beberapa wilayah.

Baca juga: Dampak Motuba Bila Dipaksa Tenggak BBM Oktan Tinggi

Tuas transmisi manual Subaru WRX 2022PAULTAN.org Tuas transmisi manual Subaru WRX 2022

“Tapi kadang area yang minim dan kebiasaan dari pengemudi parkir di area yang kurang layak, diasumsikanlah adanya pengaman ekstra dengan memasukkan gigi satu atau mundur jika parkir di tanjakan atau turunan,” ucap Sony kepada Kompas.com belum lama ini.

Memasukkan gigi saat parkir sebenarnya bisa berbahaya karena berpotensi mobil lompat ketika mesin dinyalakan dan kopling tidak diinjak. Jika sudah melompat, tentu mobil bisa mengenai obyek lain dan mengalami kerusakan.

Baca juga: 4 Merek Mobil Tiongkok Siap Menginvasi Indonesia di 2022

Selain kerusakan pada bagian eksterior, komponen yang ada di mesin dan transmisi juga bisa ikut rusak karena kebiasaan tersebut. Misalnya seperti gigi motor dan fly wheel bisa rusak karena kebiasaan kurang benar ini.

“Kalau lupa menetralkan atau injak kopling saat mau menyalakan mesin, akan merusak gigi motor dan gigi flywheel. Saat starter mesin gigi transmisi dalam posisi masuk, gigi motor starter bisa rompal karena menahan beban berlebih,” ucap Suparna, Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.