Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PLN Hadirkan SPKLU Pertama di Kalimantan

Kompas.com - 08/12/2021, 13:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Langkah PT PLN (Persero) untuk mengakselerasi era kendaraan listrik kembali berlanjut. Setelah di Lampung, PLN kembali meresmikan Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPKLU) pertama di Kalimantan.

Executive Vice President Retail Regional Sumatera Kalimantan PLN Sigit Witjaksono mengatakan, PLN terus memperluas jangkauan SPKLU sebagai infrastruktur pengisian energi kendaraan listrik, untuk menciptakan daya tarik penggunaan kendaraan listrik di Indonesia.

"SPKLU merupakan dukungan PLN dalam menyediakan infrastruktur pendukung kendaraan listrik, sehingga harapannya bisa mempercepat penetrasi pasar kendaraan listrik di Indonesia," ujar Sigit dalam keterangan resminya, Selasa (7/12/2021).

Baca juga: Rocky 1.2L Satu-satunya SUV Murah di Bawah Rp 200 Juta

Menurut Sigit, untuk SPKLU yang berada di halaman kantor PLN UIW Kaltimra memiliki tipe fast charging. Dengan demikian, pemilik mobil listrik di Kalimantan bisa mengisi daya dengan cepat, yakni kurang dari 3 jam untuk mencapai 100 persen.

SPKLU perdana PLN di KalimantanPLN SPKLU perdana PLN di Kalimantan

"Sebagai BUMN yang bergerak di bidang ketenagalistrikan, PLN terus bergerak memberikan dukungan dalam memasifkan kendaraan listrik di Indonesia, karena tentunya ini juga sebagai dukungan kami pada program pemerintah mengembangkan kendaraan zero carbon," ucap Sigit.

Untuk pengoperasiannya, konsumen yang akan mengisi daya di SPKLU PLN lebih dulu wajib memiliki aplikasi Charge.In yang bisa diunduh via Googleplay atau Appstore. Aplikasi tersebut bisa memberikan informasi soal lokasi SPKLU sampai mengontrol dan memonitor pengisian batre.

Metode pembayarannya sendiri, PLN sudah mengandeng Himpunan Bank Negara (HIMBARA). Lewat aplikasi Charge.In, pelanggan dapat mengatur sendiri daya listrik yang akan diisi ke mobil masing-masing dan melakukan pembayaran via digital.

Baca juga: Syarat Perjalanan Jarak Jauh Usai PPKM Level 3 Batal Diterapkan

Sementara itu, General Manager PLN UIW Kaltimra Saleh Siswanto mengatakan, pihaknya tengah gencar untuk mengenalkan kendaraan listrik agar penggunaannya semakin akrab di kalangan masyarakat. PLN pun menggandeng jajaran stakeholders sebagai kampanye untuk menggunakan kendaraan listrik.

aplikasi Charge.In untuk mengetahui SPKLU terdekatDok PLN aplikasi Charge.In untuk mengetahui SPKLU terdekat

"Kami akan terus berupaya mengenalkan kendaraan listrik supaya awareness stakeholders dan masyarakat meningkat. Dalam waktu dekat juga akan kami adakan konvoi kendaraan listrik bersama stakeholders, harapannya untuk mengenalkan ke masyarakat bahwa era kendaraan listrik di Kalimantan Timur telah dimulai," ungkap Saleh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com