Tekan Mobilitas, Jembatan Suramadu Ditutup Saat Malam Tahun Baru 2022

Kompas.com - 28/12/2021, 18:41 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktorat Lalu Lintas Polda Jawa Timur berencana melakukan penutupan Jembatan Suramadu saat malam pergantian tahun baru 2022 mendatang.

Berlaku selama 8 jam mulai pukul 21.00 WIB di Jumat, 31 Desember 2021 sampai Sabtu, 1 Januari 2022 pukul 05.00 WIB, langkah tersebut dilakukan guna menekan mobilitas masyarakat.

Sehingga, penyebaran virus corona alias Covid-19 dapat ditekan optimal sebagaimana dikatakan Dirlantas Polda Jatim, Kombes Pol Latif Usman dalam keterangannya, Selasa (28/12/2021).

Baca juga: Catat, Ini Syarat Perjalanan Menuju Kawasan Puncak

Ery Cahyadi Wali Kota Surabaya, didampingi Eddy Christijanto Kepala Satpol PP Pemkot Surabaya saat menghentikan pengendara motor agar dilakukan Tes Swab Antigen Di Posko Penyekatan Suramadu sisi Madura, Jum'at (18/6/2021)KOMPAS.COM/MUCHLIS Ery Cahyadi Wali Kota Surabaya, didampingi Eddy Christijanto Kepala Satpol PP Pemkot Surabaya saat menghentikan pengendara motor agar dilakukan Tes Swab Antigen Di Posko Penyekatan Suramadu sisi Madura, Jum'at (18/6/2021)

"Ini untuk mengantisipasi kerumunan masyarakat yang akan merayakan pergantian tahun. Biasanya, jembatan Suramadu menjadi tempat favorit masyarakat menghabiskan malam pergantian tahun," kata dia.

“Kalau untuk kendaraan logistik, ambulance, dan kegiatan emergency lainnya masih diperbolehkan lewat jembatan Suramadu,” lanjut Latif.

Dia menambahkan, ruas jalan yang berpotensi kerumunan seperti di alun-alun kota/kabupaten juga akan dilakukan penutupan. Pihaknya mengimbau masyarakat untuk merayakan malam pergantian tahun rumah saja.

Baca juga: Korlantas Polri Terjunkan 12 Unit ETLE Mobile Selama Nataru

Latif menyebut, sejauh ini arus kendaraan yang masuk wilayah Jatim terpantau belum ada peningkatan. Meski begitu, Polda Jatim tetap akan memperketat penjagaan di sejumlah titik potensi kerumunan masyarakat.

“Kami berupaya betul untuk mengendalikan kerumunan massa dalam perayaan tahun baru. Tempat-tempat publik yang akan menjadi tempat perkumpulan masyarakat kiranya kita kelola. Yaitu pengalihan arus maupun sampai penutupan,” ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.