Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Natal, Tren Konsumsi BBM Berkualitas Diklaim Naik

Kompas.com - 28/12/2021, 13:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Pertamina mencatat peningkatan signifikan dari konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) beroktan tinggi untuk wilayah Jawa Bagian Barat pada masa libur Natal 2021.

Berdasarkan data, Pertamina mengklaim masyarakat banyak memilih menggunakan BBM berkualitas jenis Pertamax pada 25 Desember atau saat perayaan Natal. Konsumsinya naik 17 persen dibanding rata-rata harian normal.

Eko Kristiawan, Area Manager Comm, Rel, & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat mengatakan, tingginya kebutuhan pengendara pada BBM berkualitas dan ramah lingkungan ini merupakan fenomena menarik.

"Pada libur Natal, selain konsumsi Pertamax di Wilayah Jawa Bagian Barat yang meningkat dibandingkan konsumsi normal harian, pada Hari H perayaan Natal peningkatan konsumsi juga terjadi pada BBM jenis Pertamax Turbo sebesar 10 pertamina, Pertamina Dex 5 persen, dan Dexlite hingga 67 persen," kata Eko dalam keterangan resminya, Selasa (28/12/2021).

Baca juga: Diskon SUV Murah Akhir Tahun, BR-V Tembus Rp 30 Juta

Ilustrasi BBM berkualitas dari Pertamina dengan Pertamax Series dan Dex Series.Dok. Pertamina Ilustrasi BBM berkualitas dari Pertamina dengan Pertamax Series dan Dex Series.

Menurut Eko, naiknya tren konsumsi BBM berkualitas menunjukkan pengendara semakin yakin bahwa kenyamanan bepergian atau berlibur dengan keluarga menempuh perjalanan jauh, mensyaratkan kendaraan yang prima.

Seperti diketahui, dari sisi komposisi Pertamax Turbo memiliki Research Octane Number (RON) 98 dan Pertamax RON 92. Kedua jenis BBM bensin ini selain memiliki kualitas yang baik juga ramah lingkungan.

Sementara untuk disel, Pertamina Dex memiliki kadar Cetane Number (CN) 53 yang diklaim menjamin pembakaran mesin kendaraan lebih sempurna dan maksimal.

Baca juga: Toyota Fortuner Vs Pajero Sport, Mana yang Lebih Unggul?

Ilustrasi solar berkualitas dengan Dexlite.Dok. Pertamina Ilustrasi solar berkualitas dengan Dexlite.

"Penggunaan Pertamax Series dan Dex Series cocok untuk perjalanan jauh karena keunggulannya mesin menjadi lebih dingin, irit bahan bakar (efisiensi), keawetan mesin, dan meningkatkan perfoma mesin serta ramah lingkungan," ujar Eko.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com