Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selisih Rp 4 Jutaan, Mending Veloz Tipe Tertinggi atau Sienta?

Kompas.com - 27/12/2021, 11:02 WIB
M. Adika Faris Ihsan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Hadir pada November 2021, Toyota All New Veloz ibarat mobil low multi purpose vehicle (LMPV) yang naik kelas. Tidak heran, sebab banyak fitur baru yang disematkan pada All New Veloz.

Masih satu pabrikan, All New Veloz punya banderol harga yang hampir menyamai Toyota Sienta. Contohnya, untuk tipe tertinggi All New Veloz Q TSS punya selisih yang tidak jauh dari Sienta Tipe Q. Padahal, Sienta sendiri tidak masuk dalam segmen mobil LMPV.

Saat ini, All New Veloz Q TSS dipasang pada harga Rp 291,5 juta. Sementara Sienta Tipe Q dibanderol Rp 296,4 juta. Hanya terpaut Rp 4,9 juta saja. Lantas, bagaimana perbandingan keduanya?

Baca juga: Viral, Video Fortuner Pelat Hitam Pakai Strobo Ngotot Minta Jalan

Toyota Sienta tipe Q CVT 2019Rianto Prasetyo/GridOto.com Toyota Sienta tipe Q CVT 2019

1. Eksterior

Dari tampang luarannya, All New Veloz punya bahasa desain yang mengarah ke SUV. Sebab bodinya nampak bongsor berkat fender yang besar. Ground clearance mobil ini pun terhitung cukup tinggi untuk ukuran LMPV, 205 mm.

Lebih detail, dimensi All New Veloz yakni panjang 4.475 mm, lebar 1.750 mm, dan tingginya 1.700 mm.

Berbeda, Sienta punya bentuk bodi sedikit membulat, tapi terkesan boxy di bagian buritan. Sienta punya pintu jenis sliding door yang memberikan kesan mewah dibanding MPV yang masih menganut pintu konvensional. Mobil ini memang diandalkan sebagai pesaing Honda Freed yang sayangnya saat ini sudah disuntik mati di Indonesia.

Untuk ukurannya, Sienta punya dimensi panjang 4.235 mm, lebar 1.695 mm, dan tingginya 1.695 mm.

Baca juga: Pertalite dan Premium Dihapus, Apakah BBM Oktan Tinggi Cocok untuk Semua Kendaraan?

Toyota All New VelozVIO Toyota All New Veloz

2. Interior

Masuk ke dalam kabin All New Veloz, LMPV ini punya desain dasbor yang lebih modern ketimbang Sienta. Veloz dibekali dengan speedometer yang sudah full digital, ambient lighting, fitur pengecasan ponsel secara nirkabel, hingga layar lipat sebagai fitur hiburan untuk jok baris kedua.

Agak disayangkan pada Sienta, desain dasbor yang lebih sederhana masih bermaterial plastik keras dengan aksen jahitan palsu yang terkesan mengurangi aura kemewahan. Meski begitu, kompartemen yang disediakan terhitung banyak.

Ada dua glove box, wadah koin dekat tuas transmisi, dan dua cup holder yang bisa dimasuki botol minum 1,5 liter.

Kabin Toyota Sienta WelcabKOMPAS.com/Aprida Mega Nanda Kabin Toyota Sienta Welcab

3. Mesin

Untuk urusan dapur pacu, All New Veloz dibekali mesin berkode 2NR-VE yang mampu menghasilkan tenaga hingga 106 dk dan torsi 137 Nm. Lantas pada Sienta, mesinnya berkode 2NR-FE dengan tenaga mencapai 107 dk dan torsi 140 Nm. Keduanya merupakan mesin kapasitas 1.500 cc.

Baca juga: PO Gunung Harta Buka Trayek Baru dengan Bus Double Decker

Baik All New Veloz Q TSS maupun Sienta Tipe Q, keduanya sama-sama diberi sistem transmisi matik CVT. Sistem penggeraknya pun sama-sama front-wheel drive (FWD) alias penggerak roda depan.

Toyota All New VelozKOMPAS.com/STANLY RAVEL Toyota All New Veloz

4. Fitur dan Aspek Keselamatan

Pada aspek keselamatan, kedua mobil ini sama-sama sudah dilengkapi teknologi Anti-lock Braking System (ABS), Brake Assist (BA), Electronic Brake Distribution (EBD), Hill Start Assist (HSA), dan Vehicle Stability Control System.

Namun, All New Veloz lebih unggul berkat paket teknologi keselamatan Toyota Safety Sense (TSS) yang belum dimiliki Sienta. Sebagai tambahan, Veloz memiliki teknologi rem tangan yang sudah elektrik. Tanpa adanya tuas, pengaktifan rem tangan cukup bermodalkan jari untuk menarik sebuah tombol.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com