Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arus Balik Natal Landai, Polisi Sambut Arus Libur Tahun Baru

Kompas.com - 28/12/2021, 07:02 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comLalu lintas kendaraan pada momentum Hari Raya Natal 2021 terlihat ramai lancar. Berdasarkan pantauan Korlantas Polri, situasi lalu lintas di sejumlah titik masih aman terkendali.

Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol Aan Suhanan mengatakan, arus balik lalu lintas libur Natal dalam Operasi Lilin 2021, di ruas tol maupun arteri dari Cirebon hingga Semarang terpantau landai.

“Sesuai dengan prediksi, arus balik untuk libur Natal kami lihat mulai dari Cirebon sampai Semarang, bahkan sebaliknya hingga ke Jakarta, situasi arus lalu lintas masih landai,” ujar Aan, disitat dari Korlantas Polri (27/12/2021).

Baca juga: Ada Dispensasi SIM Buat yang Habis Masa Berlaku saat Tahun Baru

Arus mudik kendaraan hari ke dua menjelang Idul Fitri di ruas tol pantura (Cipali dan Palikanci), Jawa Barat, tersendat sepanjang 42 kilometer, Rabu (15/7/2015). Arus kendaraan terpantau tersendat dari Ciperna (Tol Palikanci) kilometer 205 hingga Majalengka (Tol Cipali) kilometer 163. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO - ARI PRASETYOKRISTIANTO PURNOMO - ARI PRASETYO Arus mudik kendaraan hari ke dua menjelang Idul Fitri di ruas tol pantura (Cipali dan Palikanci), Jawa Barat, tersendat sepanjang 42 kilometer, Rabu (15/7/2015). Arus kendaraan terpantau tersendat dari Ciperna (Tol Palikanci) kilometer 205 hingga Majalengka (Tol Cipali) kilometer 163. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO - ARI PRASETYO

Menurutnya selama momentum libur Natal beberapa hari yang lalu, tidak ada temuan kasus kecelakaan yang menonjol.

Aan mengatakan, hanya ada beberapa kasus kecelakaan luar tol di sejumlah daerah. Namun dengan korban yang tak signifikan dan masih selamat.

“Alhamdulillah secara umum untuk di Indonesia, pengamanan Nataru terutama libur Natal tahun ini di samping arus lalu lintas lancar, kejadian kecelakaan juga Alhamdulillah masih bisa ditangani,” ucap Aan.

Baca juga: Fortuner Legender Meluncur Awal Tahun 2022, Ini Bocoran Variannya

Jembatan Kalikuto Jalan Tol Batang-Semarang.Baihaki/KONTAN Jembatan Kalikuto Jalan Tol Batang-Semarang.

Sementara itu, Korlantas Polri pun telah bersiap menyambut arus libur Tahun Baru yang akan berlangsung akhir pekan ini. Dia menegaskan telah menyiapkan sejumlah antisipasi terkait Kamseltibcarlantas.

“Antisipasi arus balik kemungkinan setelah libur tahun baru berkisar tanggal 2 Januari 2022. Kita siap dengan antisipasi dengan hal terburuk serta skema rekayasa lalin yang sudah kita siapkan kita terapkan,” kata Aan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com