Video Truk Berpapasan dengan Mobil di Tanjakan, Siapa yang Harus Mengalah?

Kompas.com - 27/12/2021, 17:11 WIB
Berpapasan di jalan menanjak instagram.com/dashcamindonesiaBerpapasan di jalan menanjak

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika mengemudikan mobil di daerah pegunungan, pasti kerap melewati jalan sempit menanjak dan menurun. Bahkan tak jarang berpapasan dengan mobil dari arah lain.

Seperti contoh video yang diunggah oleh akun instagram @dashcamindonesia. Dalam rekaman tersebut terlihat seorang pengemudi sedang mengendarai truk di jalan sempit yang menanjak dan menurun.

Ketika melewati sebuah turunan, terlihat mobil minibus dari arah lain yang juga hendak melintas.

Baca juga: Bedah Fitur Canggih Toyota Camry Hybrid

Kenek truk itu pun turun dari mobil, dan meminta sopir minibus tersebut untuk mengalah dan memberikan jalan. Pasalnya, kondisi jalan yang menanjak membuat truk kesulitan untuk mundur ditambah membawa muatan yang cukup besar.

Namun, minibus itu tidak mau mengalah dan memberi jalan kepada truk.

“Memangnya yang sebetulnya harus ngalah yang mana sih, serius nanya?” tulis keterangan dalam unggahan tersebut.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dashcam Indonesia (@dashcamindonesia)

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, secara teori kendaraan yang ingin menanjak harus didahulukan dan mobil yang ingin turun harus memberi jalan.

“Ini karena kendaraan yang menanjak butuh usaha lebih besar, terutama di tanjakan yang panjang dan curam,” ucap Sony saat dihubungi Kompas.com, Senin (27/12/2021).

Baca juga: Promo Akhir Tahun, Fortuner Diskon Rp 15 Juta, Pajero Rp 3 Juta

Namun menurut Sony, hal tersebut bersifat situasional. Seperti contoh pada video di atas, di mana mobil truk sudah masuk ke jalurnya terlebih dahulu, sehingga mobil yang hendak melintas dari arah berlawanan harus mengalah.

“Bukan masalah benar atau salah, tapi harus dilihat faktor bahayanya. Kalau truk tersebut gagal mundur, maka mobil yang di bawahnya bisa tertabrak akibat truk meluncur tanpa kontrol,” kata Sony.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.