Salin Artikel

Mitsubishi Menanggapi Kabar Colt L300 Berhenti Produksi di Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com – Dalam pertemuan antara Menteri Perindustrian dengan pihak prinsipal Jepang, yang salah satunya adalah Mitsubishi pada pertengahan 2021, disebutkan beberapa rencana di Indonesia.

Antara lain soal peluncuran Xpander Hybrid dan dua model baru. Kemudian soal investasi Mitsubishi di Indonesia sebesar Rp 7,1 triliun, dan tambahan investasi baru Rp 11,2 triliun sampai 2024.

Termasuk juga soal berhenti diproduksinya Colt L300 karena fasilitas perakitan bakal dipindah ke Fiipina pada 2022.

Seperti diketahui, L300 merupakan legenda pikap di Indonesia yang sudah hadir sejak dekade 1980-an. Bahkan sampai sekarang, mobil yang tak banyak berubah ini masih jadi andalan di sektor komersial.

Naoya Nakamura, Presiden Direktur PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), tidak membantah kabar yang menyebutkan produksi pikap L300 di dalam negeri akan dipindahkan ke Filipina.

“Kami masih berdiskusi dengan pemerintah mengenai rencana produksi di Indonesia ke depannya,” ujar Nakamura, kepada Kompas.com (27/12/2021).

“Indonesia sangat penting bagi Mitsubishi Motors, dan kami akan memanfaatkan fasilitas manufaktur kami di Indonesia sesuai dengan kapasitas produksi maksimumnya berdasarkan permintaan pasar,” kata dia.

Sebagai informasi, Colt L300 merupakan salah satu produk yang diproduksi di pabrik Mitsubishi di Bekasi, Jawa Barat mulai Mei 2018.

Selain L300, Mitsubishi juga memproduksi Xpander dan Pajero Sport di pabrik tersebut. Produksi L300 sendiri dilakukan di pabrik yang sama usai dipindahkan dari fasilitas Mitsubishi lainnya di Pulo Gadung.

Pada November lalu, dengan usia sekitar 40 tahun, penjualan L300 masih bisa berkontribusi 24,8 persen dari akumulasi perolehan MMKSI yang mencapai 8.784 unit.

Tercatat, L300 bisa terjual 2.180 unit, atau menjadi pemimpin segmen Small Pick Up 4x2 yang diklaim memiliki pangsa pasar lebih dari 60 persen.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/12/28/084200115/mitsubishi-menanggapi-kabar-colt-l300-berhenti-produksi-di-indonesia

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.