Fortuner Nyebur Kolam karena Ban Kedaluwarsa, Seperti Apa Ciri-cirinya?

Kompas.com - 26/12/2021, 18:51 WIB
Ilustrasi pemeriksaan ban mobil. ShutterstockIlustrasi pemeriksaan ban mobil.
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Salah satu penyebab kecelakaan Toyota Fortuner di Bundaran Patung Kuda, Jakarta Pusat pada Minggu (26/12/2021), terjadi karena kondisi ban yang sudah tidak maksimal.

Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Argo Wiyono, mengatakan, awalnya Toyota Fortuner NRKB B-1893-KLT yang dikemudikan AF melaju dari arah Selatan menuju ke Utara di jalan Medan Merdeka Selatan.

“Sesampainya di dekat Air Mancur Thamrin diduga kurang konsentrasi dan hati-hati saat berkendara sehingga menabrak trotoar dan kemudian masuk ke dalam kolam air mancur,” ujar Argo, kepada Kompas.com (26/12/2021).

Baca juga: Intip Garasi Motor Tua Milik Kolektor Asal Sukoharjo

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh JAKARTA INFO (@jktinfo)

Akibat kejadian laka lantas tersebut, Argo mengatakan, kendaraan mengalami kerusakan dan tak ada korban luka.

“Penyebab (kecelakaan) ban sudah kedaluwarsa atau tipis, dan pengemudi sedikit mengantuk. Cuaca saat itu gerimis dan ada genangan,” kata Argo.

Seperti diketahui, fenomena ban kedaluwarsa memang kerap terjadi pada mobil. Oleh sebab itu, pengemudi harus memperhatikan perawatan dan penyimpanan ban mobil agar kondisinya selalu baik.

Baca juga: Deretan Mobil yang Disuntik Mati di Indonesia Sepanjang 2021

Ilustrasi ban mobil. PIXABAY/E BOUWEN Ilustrasi ban mobil.

Rifat Sungkar, pebalap nasional dan juga Direktur Rifat Drive Labs (RDL), mengatakan, karet jadi salah satu material penting pada mobil.

Menurutnya, ban yang kedaluwarsa tidak selamanya buruk. Ban bisa habis masa tugasnya jika sudah melewati batas waktu.

Guna mengetahui apakah ban sudah melewati batas waktu atau belum, upayakan komponen pembungkus roda ini sesuai dengan tahun rakitan mobil.

Baca juga: Skutik Baru Yamaha Cygnus Gryphus Meluncur, Jadi Pesaing Vario

Ilustrasi membaca kode produksi ban mobil untuk mengetahui usia banGridOto.com Ilustrasi membaca kode produksi ban mobil untuk mengetahui usia ban

Sebagai contoh jika mobil yang dipakai merupakan rakitan tahun 2020, ban yang terpasang harus ada informasi yang tertulis angka 20. Umumnya terlihat pada dua digit di belakang penomoran ban.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.