7 Langkah Merawat Motor yang Jarang Dipakai

Kompas.com - 25/12/2021, 11:02 WIB
Service Kunjung Yamaha (SKY) untuk perawatan sepeda motor selama di rumah aja Dok. YIMMService Kunjung Yamaha (SKY) untuk perawatan sepeda motor selama di rumah aja


JAKARTA, KOMPAS.com - Walaupun tidak digunakan, sepeda motor tetap perlu dalam pantauan perawatan. Pemilik perlu memperhatikan beberapa hal agar kondisi motor tetap prima.

Hasan Ardiansyah, Senior Service Advisor Yamaha FSS Jakarta mengatakan, ada tujuh hal yang mesti diperhatikan jika motor lama tidak dipakai, jika tidak kondisi motor justru malah buruk

Baca juga: Antisipasi Macet Nataru, Contraflow Disiapkan di Tol Semarang-Solo

“Sebagian orang beranggapan kalau motor tidak dipakai maka kondisi akan selalu baik, namun tidak demikian," kata Hasan dalam rilis resmi, Sabtu (25/12/2021).

Penggunaan motor yang kurang tepat juga bisa membuat aki motor cepat soakkompas.com Penggunaan motor yang kurang tepat juga bisa membuat aki motor cepat soak

Hasan mengatakan, justru jika motor tidak dipakai harus dipanaskan setiap harinya agar tegangan arus listrik baterai atau aki dapat bersikulasi dengan baik.

"Jika tidak di warm up setiap harinya, tegangan arus listrik baterai atau accu pada motor bisa menurun dan cenderung drop," ungkapnya.

Baca juga: Begini Cara Atasi Setir Terkunci dan Kunci Kontak Tidak Bisa Diputar

Berikut tujuh langkah menjaga motor yang jarang dipakai:

1. Apabila motor jarang dipakai usahakan setiap hari dinyalakan atau panaskan, setidaknya pagi hari antara 5-10 menit. Tujuannya agar baterai terisi dan oli mesin bersirkulasi.

2. Usahakan menggunakan main stand atau standar dua untuk menjaga keawetan ban dan menjaga bentuk ban agar tetap sempurna, serta untuk menjaga kestabilan suspensi yang cenderung terbebani di sebelah kiri jika pakai standar samping.

3. Isi bahan bakar secukupnya, untuk menghindari bensin terlalu lama mengendap di tangki karena akan mengurangi kualitas bahan bakar.

Cek oli motorOtomotifzone.com Cek oli motor

4. Apabila motor akan tidak digunakan dalam waktu yang lama, disarankan lepas terminal negatif pada baterai atau accu yakni pada kabel warna hitam.

5. Khusus untuk motor yang sudah mengadopsi smart key system pastikan remote dalam keadaan non aktif. Hal ini bertujuan untuk agar unit tetap aman dari pencurian (ranmor), dan sinyal dari remote tidak akan terus memancar sehingga akan menghemat baterai remote.

6. Pastikan tempat penyimpanan di dalam ruangan atau tidak langsung terpapar sinar matahari maupun air hujan agar cat cover dan kaca speedo tidak retak dan kusam.

7. Pastikan juga tempat aman dari serangga dan tikus, karena motor yang tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama bisa menjadi sarang. Kabel digigit tikus yang dapat mengakibatkan korslet.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.