Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Langkah Merawat Motor yang Jarang Dipakai

Hasan Ardiansyah, Senior Service Advisor Yamaha FSS Jakarta mengatakan, ada tujuh hal yang mesti diperhatikan jika motor lama tidak dipakai, jika tidak kondisi motor justru malah buruk

“Sebagian orang beranggapan kalau motor tidak dipakai maka kondisi akan selalu baik, namun tidak demikian," kata Hasan dalam rilis resmi, Sabtu (25/12/2021).

Hasan mengatakan, justru jika motor tidak dipakai harus dipanaskan setiap harinya agar tegangan arus listrik baterai atau aki dapat bersikulasi dengan baik.

"Jika tidak di warm up setiap harinya, tegangan arus listrik baterai atau accu pada motor bisa menurun dan cenderung drop," ungkapnya.

Berikut tujuh langkah menjaga motor yang jarang dipakai:

1. Apabila motor jarang dipakai usahakan setiap hari dinyalakan atau panaskan, setidaknya pagi hari antara 5-10 menit. Tujuannya agar baterai terisi dan oli mesin bersirkulasi.

2. Usahakan menggunakan main stand atau standar dua untuk menjaga keawetan ban dan menjaga bentuk ban agar tetap sempurna, serta untuk menjaga kestabilan suspensi yang cenderung terbebani di sebelah kiri jika pakai standar samping.

3. Isi bahan bakar secukupnya, untuk menghindari bensin terlalu lama mengendap di tangki karena akan mengurangi kualitas bahan bakar.

4. Apabila motor akan tidak digunakan dalam waktu yang lama, disarankan lepas terminal negatif pada baterai atau accu yakni pada kabel warna hitam.

5. Khusus untuk motor yang sudah mengadopsi smart key system pastikan remote dalam keadaan non aktif. Hal ini bertujuan untuk agar unit tetap aman dari pencurian (ranmor), dan sinyal dari remote tidak akan terus memancar sehingga akan menghemat baterai remote.

6. Pastikan tempat penyimpanan di dalam ruangan atau tidak langsung terpapar sinar matahari maupun air hujan agar cat cover dan kaca speedo tidak retak dan kusam.

7. Pastikan juga tempat aman dari serangga dan tikus, karena motor yang tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama bisa menjadi sarang. Kabel digigit tikus yang dapat mengakibatkan korslet.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/12/25/110200015/7-langkah-merawat-motor-yang-jarang-dipakai

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke