Begini Cara Atasi Setir Terkunci dan Kunci Kontak Tidak Bisa Diputar

Kompas.com - 24/12/2021, 19:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk mobil yang masih menggunakan anak kunci, saat mobil dimatikan dan kunci dicabut, setir otomatis akan terkunci jika diputar beberapa derajat. Saat akan menyalakan mesin mobil, tak sedikit yang panik ketika kunci kontak tidak bisa diputar.

Apalagi, untuk para pemilik mobil pertama yang masih belum mengenal betul kendaraannya. Padahal, kondisi tersebut terjadi karena memang merupakan sistem keamanan standar yang hampir ada pada setiap mobil.

Baca juga: Beda Radius Putar Setir Kecil dan Besar pada Mobil

Didi Ahadi, Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM), kepada Kompas.com, mengatakan, itu sebenarnya fitur keamanan dari mobil sendiri, yakni steering lock.

Ilustrasi kemudi yang terkunciwww.wikihow.com Ilustrasi kemudi yang terkunci

"Jadi kalau mesin mati dan kunci dicabut, setir akan mengunci," ujar Didi, saat dihubungi Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Saat kunci kontak dicabut, setir mobil masih bisa diputar ke kanan atau ke kiri sekitar 50 derajat, lalu setir otomatis akan terkunci. Dalam kondisi setir terkunci, jika kunci kontak dimasukkan, maka tidak akan bisa diputar.

Baca juga: Cara Aman Pegang Setir Mobil yang Dilengkapi Airbag

"Tidak usah panik, itu cukup dimasukkan lagi kuncinya, diputar sedikit sudah bisa terbuka lagi," kata Didi.

Untuk mengatasinya, cukup gerakkan kemudi sedikit ke kiri atau ke kanan menggunakan tangan kiri. Sementara tangan kanan, berada di kunci kontak untuk menekan dan memutar ke posisi on.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.