Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/12/2021, 19:41 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Hujan deras dengan angin kencang memang sedang sering terjadi di berbagai daerah seperti Jakarta dan Tangerang. Bahkan kejadian mobil yang tertimpa pohon tumbang juga sering terlihat di media sosial.

Tentu saja ketika mobil tertimpa pohon saat hujan deras sangat merugikan pemiliknya. Pertama mobil tentu rusak, selain itu nyawa juga bisa jadi taruhannya.

Menanggapi kejadian pohon tumbang yang beberapa kali terjadi dan menimpa mobil, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan, pengemudi mobil banyak yang merasa aman-aman saja berkendara di tengah hujan angin.

Baca juga: Mobil Senggol Motor Saat Parkir, Sopir Bukan Damai Malah Main Pukul

Sebuah mobil tertimpa pohon tumbang di Jalan Panjang, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Sabtu (11/12/2021) pukul 16.36 WIB. Dok Suku Dinas Kehutanan dan Taman Kota Jakarta Barat Sebuah mobil tertimpa pohon tumbang di Jalan Panjang, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Sabtu (11/12/2021) pukul 16.36 WIB.

“Kondisi tersebut (hujan badai) fix membahayakan, jadi segera mencari tempat berhenti untuk berlindung,” ucap Sony kepada Kompas.com, Jumat (24/12/2021).

Sony memberikan tips memilih tempat berlindung yang baik. Pertama cari tempat atau bangunan yang secara struktur kuat untuk perlindungan diri sendiri. Kendaraan juga sebisa mungkin bisa terlindung, tapi itu prioritas kedua setelah mengamankan diri sendiri.

“Cari tempat yang rata, keras, ketinggiannya di atas jalan. Bisa juga cari area parkir yang jauh dari pepohonan dan papan reklame,” kata Sony.

Baca juga: Tes Perdana Honda CB150X, Jelajah 100 Km di Bandung

Posisi parkir mobil ketika mengamankan saat hujan juga harus diperhatikan. Parkir mobil bisa dengan cara mundur, sehingga memudahkan pengemudi saat harus evakuasi ke tempat yang lebih aman.

“Badai yang sekarang melanda itu dahsyat, banyak yang sudah ketiban pohon dan itu tidak terduga atau terlihat,” ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com