Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antisipasi Macet Nataru, Contraflow Disiapkan di Tol Semarang-Solo

Kompas.com - 25/12/2021, 07:22 WIB
M. Adika Faris Ihsan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com - Dengan ditiadakannya penyekatan antar perbatasan daerah saat masa Libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022, arus lalu lintas baik di jalan tol maupun non-tol mulai dipadati kendaraan.

Sebagai antisipasi dalam menghadapi skenario tersebut, Kementerian Perhubungan telah merilis Surat Edaran (SE) Nomor 109 Tahun 2021. Salah satu poin penting dalam SE ini adalah pengaturan lalu lintas disesuaikan dengan diskresi Kepolisian.

Pengaturan ini bisa diterapkan di jalan tol dan non-tol dengan manajemen operasional lalu lintas seperti contraflow, satu arah, maupun ganjil genap.

Baca juga: Viral, Video Pengendara Motor Ugal-ugalan Berakhir Kritis

Sesuai SE tersebut, Satlantas Polres Semarang telah menyiapkan skema contraflow di Jalan Tol Trans Jawa ruas Semarang-Solo Km 427 sampai Km 430.

Pemeriksaan syarat perjalananJasa Marga Pemeriksaan syarat perjalanan

Menyitat Korlantas Polri, Sabtu (25/12/2021), contraflow bakal dilakukan jika antrean kendaraan yang akan masuk ke rest area Km 429 mencapai panjang 2 kilometer atau lebih. Skema ini diambil karena tingginya jumlah pengunjung rest area tersebut.

Kasatlantas Polres Semarang AKP Rendi Johan menjelaskan, antrean kendaraan bisa diprediksi akan terjadi karena sebelum masuk ke rest area, pengguna tol wajib melakukan check-in aplikasi PeduliLindungi di pos pengamanan yang terletak di gerbang masuk rest area.

Baca juga: Susah Dijual Lagi, Motor Bekas Jenis Sport Lagi Sepi Peminat

Diharapkan adanya skema contraflow bisa memperlancar arus lalu lintas dalam Tol Semarang-Solo yang diproyeksikan bakal mengalami kenaikan jumlah pengguna selama Libur Nataru.

Sebagai pengingat, pelaku perjalanan via jalur darat menggunakan kendaraan pribadi diharuskan sudah vaksin dosis lengkap serta sudah diperiksa dengan hasil negatif rapid test antigen 1x24 jam. Tidak lupa diwajibkan pula untuk menggunakan aplikasi PeduliLindungi selama perjalanan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com