Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Modifikasi Honda Scoopy Ala Drag Eropa yang Sabet Juara di HMC 2021

Kompas.com - 25/12/2021, 10:02 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda Modif Contest (HMC) 2021 sudah mengumumkan tiga National Champion final battle. Pemenang di kelas Matic & Cub Advance ialah Honda Scoopy 2016.

Fikri Alhudari dari FA Garage berhasil keluar sebagai pemenang. Motor yang diberi nama Jet Darat itu berhasil menggoda juri dengan tampilan ala motor adu kebut lintasan lurus alias drag bike.

Fikri mengatakan, meski konsepnya ialah motor drag tapi bukan mengacu pada drag di Indonesia atau Thailand yang lebih mengarah ke "terondol" melainkan mengikuti gaya drag di Eropa.

Baca juga: Berkendara Saat Hujan Angin, Lebih Baik Menepi

Honda Scoopy Jet Darat menang Honda Modif Contest (HMC) 2021 kelas Matic & Cub AdvanceFoto: AHM Honda Scoopy Jet Darat menang Honda Modif Contest (HMC) 2021 kelas Matic & Cub Advance

Ubahan paling terlihat ialah bentuk sepatbor depan yang menutupi ban. Kemudian lampu depan pakai LED ukuran kecil agar terlihat lebih simpel.

"Drag Eropa memang seperti itu berbeda dengan di Indonesia yang lebih ke mesin dan rangka. Kalau di Eropa memang tertutup bodi," kata Fikri kepada Kompas.com, Jumat (24/12/2021).

"Sepatbor depan pakai punya aslinya kemudian saya modifikasi ditambahkan serat fiber. Makanya sepatbor depan menutupi ban itu karena sebenarnya cuma buat lurus saja," ungkapnya.

Bodi belakang juga kena sentuhan. Bodi bagian tengahnya dibuat lebih gemuk dan berisi. Kemudian jok standar dikustom jadi single seater dan bagian belakangnya dibuat ala buntut tawon.

Baca juga: Honda Pamerkan All New Civic Type R Prototype di Tokyo Auto Salon 2022

Honda Scoopy pemenang di kelas Matic & Cub Advance Honda Modif Contest (HMC) 2021Foto: AHM Honda Scoopy pemenang di kelas Matic & Cub Advance Honda Modif Contest (HMC) 2021

Sebagai pemanis ditambahkan papan nomor di bagian sisi kiri kanan. Lengkap dengan motif bendera kotak-kotak finis yang juga terlihat di dop roda belakang.

"Bodi belakang itu dari bodi utama juga tapi dimodifikasi pakai serat fiber. Kemudian papan nomor ditambahkan pelat galvanis ditambahkan di papan nomor biar lebih simpel rapi. Jadi kombikasi ada yang pakai serat dan pelat," ungkapnya.

Agar proporsi motor drag lebih kentara, Fikri ikut memanjangkan motor. Sasisnya tetap sama bawaan standar tapi roda belakang dibuat lebih melar 10 cm dari standar.

Baca juga: Begini Cara Parkir Aman di Tanjakan bagi Pengguna Mobil Matik

Honda Scoopy Jet Darat menang Honda Modif Contest (HMC) 2021 kelas Matic & Cub AdvanceFoto: AHM Honda Scoopy Jet Darat menang Honda Modif Contest (HMC) 2021 kelas Matic & Cub Advance

"Untuk frame standar. Wheelbase lebih panjang itu supaya lebih motor jadi rendah dan setelan drag. Pelek depan palai jari-jari cuma yang belakang ditutup pakai pelat," katanya.

Fikri mengatakan, awalnya setelah menang di region Pekanbaru dia ingin mengganti ban belakang jadi lebih lebar agar lebih mirip dengan motor drag. Tapi waktunya terlalu mepet.

"Kenapa standar? rencananya begitu cuma kemarin jarak dari region ke final dekat, sebetulnya banyak yang mau diubah tapi tidak sempat karena mepet jaraknya hanya sebulan," kata Fikri.

Langkah akhir yaitu motor dilabur warna merah putih biru atau tricolor Honda. Kemudian  ditambahkan aksesori penunjang lainnya seperti handgrip dari Domino dan suspensi belakang RCB.

Nama: Fikri Alhudari (FA Garage)
Nama motor (panggilan): Jet Darat
Konsep: Europe Dragbike

Data modifikasi
Body: custom fiber kombinasi play galvanis
Pelek: Rossi
Ban: Michelin Pilot GP
Setang: custom
Cat: Airbrush grafis tricolor (HRC)
Engine mounting: custom
Knalpot: IFN Racing
Handgrip: Domino Italia
Suspensi belakang: RCB
Master rem: RCB
Headlamp: LED
Stoplamp: LED

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com