Modifikasi Honda Scoopy Ala Drag Eropa yang Sabet Juara di HMC 2021

Kompas.com - 25/12/2021, 10:02 WIB
Honda Scoopy Jet Darat menang Honda Modif Contest (HMC) 2021 kelas Matic & Cub Advance Foto: AHMHonda Scoopy Jet Darat menang Honda Modif Contest (HMC) 2021 kelas Matic & Cub Advance

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda Modif Contest (HMC) 2021 sudah mengumumkan tiga National Champion final battle. Pemenang di kelas Matic & Cub Advance ialah Honda Scoopy 2016.

Fikri Alhudari dari FA Garage berhasil keluar sebagai pemenang. Motor yang diberi nama Jet Darat itu berhasil menggoda juri dengan tampilan ala motor adu kebut lintasan lurus alias drag bike.

Fikri mengatakan, meski konsepnya ialah motor drag tapi bukan mengacu pada drag di Indonesia atau Thailand yang lebih mengarah ke "terondol" melainkan mengikuti gaya drag di Eropa.

Baca juga: Berkendara Saat Hujan Angin, Lebih Baik Menepi

Honda Scoopy Jet Darat menang Honda Modif Contest (HMC) 2021 kelas Matic & Cub AdvanceFoto: AHM Honda Scoopy Jet Darat menang Honda Modif Contest (HMC) 2021 kelas Matic & Cub Advance

Ubahan paling terlihat ialah bentuk sepatbor depan yang menutupi ban. Kemudian lampu depan pakai LED ukuran kecil agar terlihat lebih simpel.

"Drag Eropa memang seperti itu berbeda dengan di Indonesia yang lebih ke mesin dan rangka. Kalau di Eropa memang tertutup bodi," kata Fikri kepada Kompas.com, Jumat (24/12/2021).

"Sepatbor depan pakai punya aslinya kemudian saya modifikasi ditambahkan serat fiber. Makanya sepatbor depan menutupi ban itu karena sebenarnya cuma buat lurus saja," ungkapnya.

Bodi belakang juga kena sentuhan. Bodi bagian tengahnya dibuat lebih gemuk dan berisi. Kemudian jok standar dikustom jadi single seater dan bagian belakangnya dibuat ala buntut tawon.

Baca juga: Honda Pamerkan All New Civic Type R Prototype di Tokyo Auto Salon 2022

Honda Scoopy pemenang di kelas Matic & Cub Advance Honda Modif Contest (HMC) 2021Foto: AHM Honda Scoopy pemenang di kelas Matic & Cub Advance Honda Modif Contest (HMC) 2021

Sebagai pemanis ditambahkan papan nomor di bagian sisi kiri kanan. Lengkap dengan motif bendera kotak-kotak finis yang juga terlihat di dop roda belakang.

"Bodi belakang itu dari bodi utama juga tapi dimodifikasi pakai serat fiber. Kemudian papan nomor ditambahkan pelat galvanis ditambahkan di papan nomor biar lebih simpel rapi. Jadi kombikasi ada yang pakai serat dan pelat," ungkapnya.

Agar proporsi motor drag lebih kentara, Fikri ikut memanjangkan motor. Sasisnya tetap sama bawaan standar tapi roda belakang dibuat lebih melar 10 cm dari standar.

Baca juga: Begini Cara Parkir Aman di Tanjakan bagi Pengguna Mobil Matik

Honda Scoopy Jet Darat menang Honda Modif Contest (HMC) 2021 kelas Matic & Cub AdvanceFoto: AHM Honda Scoopy Jet Darat menang Honda Modif Contest (HMC) 2021 kelas Matic & Cub Advance

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.