Rahasia Marquez di Balik Aksi Penyelamatan Akrobatik MotoGP

Kompas.com - 25/12/2021, 10:42 WIB
Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Amerika 2021.   Mirco Lazzari gp/Getty Images/AFP (Photo by Mirco Lazzari gp / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Getty Images via AFP) MIRCO LAZZARI GPMarc Marquez saat berlaga pada MotoGP Amerika 2021. Mirco Lazzari gp/Getty Images/AFP (Photo by Mirco Lazzari gp / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Getty Images via AFP)

CERVERA, KOMPAS.com - Marc Marquez mengalami kecelakaan hebat pada 2020 dan butuh penyembuhan lama. Tapi sebelum itu dia merupakan pebalap yang sering jatuh dan lolos dari cedera.

Marc mengatakan, persiapan fisik merupakan elemen mendasar yang dapat membuat perbedaan, terutama buat pebalap yang mengendarai motor agresif seperti Honda.

Baca juga: Vinales Berbakat tapi Tak Pernah Dapat Motor Bagus

Marc Marquez menjadi pemenang MotoGP Jerman 2021 yang digelar di Sachsenring, Minggu (20/6/2021) malam WIB.AFP/RONNY HARTMANN Marc Marquez menjadi pemenang MotoGP Jerman 2021 yang digelar di Sachsenring, Minggu (20/6/2021) malam WIB.

Marc mengatakan, penting sekali melakukan persiapan fisik. Zaman dulu semua pebalap sudah melakukan olahraga tapi makin ke sini gym menjadi bagian yang tidak terpisahkan.

“Bertahun-tahun yang lalu di dunia sepeda motor, persiapan fisik itu penting tetapi Anda bukan seorang atlet. Dulu tidak semua orang melakukannya, sekarang semua orang berlatih," kata Marc mengutip Tuttomotoriweb.it, Sabtu (25/12/2021).

Persiapan fisik yang baik tidak hanya diperlukan untuk melaju kencang, tetapi juga untuk menghindari cedera. Seperti diketahui Marc sering melakukan penyelamatan "akrobatik."

Baca juga: Belum Banyak yang Tahu, Ini Bahayanya Merokok Sambil Naik Motor

Pebalap Ducati Francesco Bagnaia (kiri) saat memimpin balapan di depan Marc Marquez (Repsol Honda) pada MotoGP Aragon 2021 di Sirkuit Motorland di Alcaniz pada 12 September 2021.AFP/LLUIS GENE Pebalap Ducati Francesco Bagnaia (kiri) saat memimpin balapan di depan Marc Marquez (Repsol Honda) pada MotoGP Aragon 2021 di Sirkuit Motorland di Alcaniz pada 12 September 2021.

“Elastisitas adalah bagian yang paling mengganggu saya di gym, tetapi itu adalah bagian yang paling membutuhkan konsistensi," katanya.

"Karena jika Anda berlatih selama satu jam, Anda tidak akan lagi elastis, Anda harus melakukannya sedikit demi sedikit setiap hari dan pelatih saya selalu memasukkannya ke dalam kepala saya setidaknya selama sepuluh menit," katanya.

"Ini telah menyelamatkan saya dari banyak jatuh dan banyak cedera,” ungkap Marc.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.