Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rahasia Marquez di Balik Aksi Penyelamatan Akrobatik MotoGP

Kompas.com - 25/12/2021, 10:42 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

CERVERA, KOMPAS.com - Marc Marquez mengalami kecelakaan hebat pada 2020 dan butuh penyembuhan lama. Tapi sebelum itu dia merupakan pebalap yang sering jatuh dan lolos dari cedera.

Marc mengatakan, persiapan fisik merupakan elemen mendasar yang dapat membuat perbedaan, terutama buat pebalap yang mengendarai motor agresif seperti Honda.

Baca juga: Vinales Berbakat tapi Tak Pernah Dapat Motor Bagus

Marc Marquez menjadi pemenang MotoGP Jerman 2021 yang digelar di Sachsenring, Minggu (20/6/2021) malam WIB.AFP/RONNY HARTMANN Marc Marquez menjadi pemenang MotoGP Jerman 2021 yang digelar di Sachsenring, Minggu (20/6/2021) malam WIB.

Marc mengatakan, penting sekali melakukan persiapan fisik. Zaman dulu semua pebalap sudah melakukan olahraga tapi makin ke sini gym menjadi bagian yang tidak terpisahkan.

“Bertahun-tahun yang lalu di dunia sepeda motor, persiapan fisik itu penting tetapi Anda bukan seorang atlet. Dulu tidak semua orang melakukannya, sekarang semua orang berlatih," kata Marc mengutip Tuttomotoriweb.it, Sabtu (25/12/2021).

Persiapan fisik yang baik tidak hanya diperlukan untuk melaju kencang, tetapi juga untuk menghindari cedera. Seperti diketahui Marc sering melakukan penyelamatan "akrobatik."

Baca juga: Belum Banyak yang Tahu, Ini Bahayanya Merokok Sambil Naik Motor

Pebalap Ducati Francesco Bagnaia (kiri) saat memimpin balapan di depan Marc Marquez (Repsol Honda) pada MotoGP Aragon 2021 di Sirkuit Motorland di Alcaniz pada 12 September 2021.AFP/LLUIS GENE Pebalap Ducati Francesco Bagnaia (kiri) saat memimpin balapan di depan Marc Marquez (Repsol Honda) pada MotoGP Aragon 2021 di Sirkuit Motorland di Alcaniz pada 12 September 2021.

“Elastisitas adalah bagian yang paling mengganggu saya di gym, tetapi itu adalah bagian yang paling membutuhkan konsistensi," katanya.

"Karena jika Anda berlatih selama satu jam, Anda tidak akan lagi elastis, Anda harus melakukannya sedikit demi sedikit setiap hari dan pelatih saya selalu memasukkannya ke dalam kepala saya setidaknya selama sepuluh menit," katanya.

"Ini telah menyelamatkan saya dari banyak jatuh dan banyak cedera,” ungkap Marc.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com