Deretan Inovasi Karoseri Pembuat Bodi Bus Selama 2021

Kompas.com - 25/12/2021, 09:02 WIB
Spion kamera di bus AKAP PO Harapan Jaya bodi Avante D1 KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANISpion kamera di bus AKAP PO Harapan Jaya bodi Avante D1

JAKARTA, KOMPAS.com – Sebentar lagi 2021 akan segera berakhir dan masuk 2022. Bisa dibilang pandemi masih belum selesai sejak 2020 hingga akhir 2021 walaupun sempat agak membaik.

Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia tidak menghentikan karoseri pembuat bodi bus di Indonesia untuk berhenti berinovasi. Berikut ini Kompas.com kumpulkan beberapa inovasi dari karoseri bus di Indonesia.

Pertama sekitar Juni 2021, Adiputro memperkenalkan bus medium baru dengan bodi monokok. Bus tersebut bertajuk Jetbus Transit, bermodel bus medium dengan low entry.

Baca juga: Susah Dijual Lagi, Motor Bekas Jenis Sport Lagi Sepi Peminat

Jetbus Transit buatan karoseri Adiputroinstagram/adiputro_official Jetbus Transit buatan karoseri Adiputro

Bus tersebut diklaim punya berat total yang ringan, mengingat bus medium lain masih memakai model ladder frame. Selain itu, untuk sistem suspensi juga sudah memakai per keong yang diklaim lebih stabil dibanding per daun.

Bodi bus ini cocok digunakan untuk bus kota karena pintu masuknya yang rendah. Selain itu, tampilannya juga futuristis, cocok dengan suasana kota-kota metropolitan di Indonesia.

Kedua, inovasi terbaru diperkenalkan Karoseri Laksana yang bekerja sama dengan ACT membuat Food Bus. Inovasi ini membuat bus besar menjadi dapur umum dengan peralatan dapur lengkap di kabinnya.

Baca juga: Harga Tiket Layanan Baru PO NPM Sutan Class, Ini Fasilitasnya

Humanity Food Bus buatan Laksana pesanan ACTDOK. LAKSANABUS Humanity Food Bus buatan Laksana pesanan ACT

Selain membawa peralatan dapur yang lengkap, Food Bus juga tetap bisa membawa penumpang di kabin depannya. Jadi bisa dibilang Food Bus lebih efisien karena bisa membawa penumpang jika dibandingkan Food Truck.

Inovasi ketiga kembali datang dari Karoseri Laksana, yakni Suites Combi Bus. Bus ini merupakan hasil kerja sama Karoseri laksana dengan Daimler Commercial Vehicle Indonesia, APM Mercedes Benz Bus di Indonesia.

Suites Combi bus hasil kolaborasi Karoseri Laksana dengan Mercedes Benz BusDOK. DCVI Suites Combi bus hasil kolaborasi Karoseri Laksana dengan Mercedes Benz Bus

Uniknya, dari sasis OF 917 dipasangkan bodi Tourista yang di dalamnya ada dua susunan bangku, social distancing dan suites cabin. Selain itu, disematkan juga fitur filter udara buatan Laksana, yakni Bio Smart System yang canggih.

Spion kamera di bus AKAP PO Harapan Jaya bodi Avante D1KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Spion kamera di bus AKAP PO Harapan Jaya bodi Avante D1

Terakhir, ada inovasi dari Karoseri Tentrem yang menghadirkan fitur spion kamera dan kamera 360 derajat. Fitur spion kamera memang sudah ada di Eropa, namun di Indonesia, Tentrem menjadi yang pertama memasangnya ke bodi bus.

Selain itu, untuk kamera 360 derajat juga menjadi yang pertama dipasang ke bus. Fitur ini memudahkan pengemudi ketika manuver di jalan sempit atau ketika parkir.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.